Sukses

Apa Saja Komponen Lokal yang Terkandung di All New Kijang Innova?

Kandungan komponen lokal pada all new Kijang Innova naik dari sebelumnya 80 persen menjadi 85 persen.

Liputan6.com, Jakarta - All new Kijang Innova dibuat di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

Wakil Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono mengatakan, kandungan komponen lokal pada MPV ini naik dari sebelumnya 80 persen menjadi 85 persen.

Dia menuturkan, untuk membuat all new Kijang Innova, komponen-komponennya diambil dari 123 supplier. "(Untuk produksi all new Kijang Innova) Ada tambahan 16 supplier baru," imbuh dia.


Dari total tersebut, Warih menyebut bahwa 20 di antaranya merupakan supplier lokal. Mereka umumnya memasok resin dan press part.

Pada all new Kijang Innova, Warih mengklaim bahwa 95 persen komponennya baru. Sementara sisanya merupakan komponen yang sebelumnya ada di Kijang Innova lama.  "Komponen-komponen umum seperti bracket masih sama," ucap dia.

Sekadar informasi Pabrik Karawang 1 yang mulai beroperasi pada 1998 dialokasikan untuk memproduksi Kijang Innova dan Fortuner dengan kapasitas tahunan 130 ribu unit.

Selain diproduksi untuk pasar lokal, Kijang Innova besutan Karawang juga melanglang buana ke sejumlah negara, yakni Thailand, Brunei Darussalam, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Oman, Kuwait, Bahrain, Qatar, Afrika Selatan, Amerika Latin, dan Karibia.

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini