Sukses

Toyota Siapkan Agya 7 Penumpang, Benarkah?

Sejumlah pabrikan di luar Datsun dipercaya bakal memperlebar segmen LCGC.

Liputan6.com, Jakarta - Low cost green car (LCGC) menjadi segmen yang pertumbuhannya menggiurkan di masa mendatang. Saat ini segmen ini diisi oleh lima pemain, Toyota, Daihatsu, Datsun, Honda, dan Suzuki.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), wholesale LCGC menapak angka 132.332 unit. Dibandingkan tahun lalu, penjualannya mengalami penurunan sebesar 39.778 unit.

Untuk mendongkrak segmen ini, sejumlah pabrikan di luar Datsun dipercaya bakal memperlebar segmen ini. Formulasinya dengan menciptakan LCGC berfitur tujuh penumpang.

Seusai acara peluncuran all new Kijang Innova pada Senin (23/11), Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo, tak bisa berucap banyak. Menurutnya,"Kami belum ada rencana. Masih kami lihat dan studi," kata dia saat ditanya soal kemungkinan Agya hadir dalam varian tujuh penumpang.

Saat ini, TAM, Samulo menegaskan bahwa pabrikan masih berfokus pada Agya. Sebab, mobil lima penumpang ini memiliki performa yang sangat baik di kelasnya.

Hingga Oktober 2015, wholesale Agya sebesar 45.058 unit. Di kelasnya, penjualan LCCG Toyota menjadi yang tertinggi diikuti Ayla dengan 28.783 unit, Satya 24.917 unit, Datsun 23.800 unit, dan Wagon R 9.774 unit.

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.