Sukses

Begini Jadinya Kalau Mobil Tuan Takur Pakai Mesin Balap

Pemiliknya ketagihan gonta ganti mesin.

Liputan6.com, Warsawa - Trabant 601 menjadi mobil bergaya jadul yang masih begitu populer di Eropa. Mobil ini menjadi kendaraan sejuta umat bagi masyarakat Eropa Timur.

Bahkan, mobil yang desainnya mirip dengan mobil Tuan Takur di film Bollywood ini juga dipercaya sebagai mobil polisi Polandia. Pada tipe standar, coupe bikinan Jerman Timur hanya dibekali mesin dua silinder 600 cc dua tak.

Namun, salah seorang pemilik Trabant di Polandia menjejali kap mobil jadul tersebut dengan seperangkat mesin milik Audi TT. Kisah ini bermula dari proses restorasi sebuah Trabant 601 pada 14 tahun lalu dimana pemiliknya sudah mengganti mesin bawaan dengan mesin 1,1 liter milik VW Polo. Pemiliknya pun semakin ketagihan gonta ganti mesin hingga akhirnya berujung pada penggunaan mesin milik Audi TT.

Audi TT ini awalnya terlibat dalam kecelakaan, kemudian pemiliknya memindahkan mesin 1,8 liter turbo berikut penggerak all wheel drive Quattro ke Trabant tua. Dilansir Carscoops, Rabu (25/11/2015), Trabant 601 kini harus menenggak bensin dengan oktan 95 agar memproduksi daya maksimal 266 Tk dengan torsi puncak 369 Nm.

Untuk mengantisipasi output yang jauh meningkat, Trabant 601 juga telah disokong rangka turbular di kabin. Tak luput, peranti rem didukung oleh rem cakram berdiameter 312 mm di roda depan dan 256 mm di belakang yang seluruhnya menggunakan fitur ABS.

Saat dipacu, mobil ini nyaris menembus kecepatan 140 mph atau 225 km/jam. Dikatakan pula jika mobilnya Tuan Takur ini sanggup berakselerasi hingga 100 km/jam dalam 4,5 detik.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.