Sukses

Mobil 3D Hasil Printer Pertama Di Dunia, Bisa Didaur Ulang

Local Motors jadi produsen mobil pertama yang menyediakan mobil cetakan 3D yang layak jalan.

Liputan6.com, Arizona - Kendaraan-kendaraan tua yang tidak bisa dikendarai biasanya berujung jadi limbah dan dikumpulkan di pusat rongsokan. Selain itu, mobil yang ada saat ini sulit untuk dirombak total dari sisi desain sesuai keinginan pemilik.

Melihat kesempatan ini, Local Motors yang merupakan perusahaan otomotif startup di Amerika Serikat siap memasarkan mobil produksi hasil cetakan 3D yang telah di homologasi. Dilansir Carscoops, Kamis (26/11/2015), pabrikan yang berasal dari Arizona ini ingin menjadi produsen mobil pertama yang menyediakan mobil cetakan 3D yang layak jalan.

Dijelaskan bila Local Motors turut memberi kesempatan bagi konsumen untuk meng-upgrade mobil mereka sepanjang waktu kepemilikan. Mobil yang sudah dibeli akan dicairkan dan kemudian dicetak kembali dalam model baru atau dengan kata lain mobil bisa di daur ulang.

"Kami sedang bekerja pada proses penciptaan mobil dan itu memungkinkan karena bahan yang dapat di daur ulang. Orang mungkin ingin terus memiliki mobil mereka saat ini atau mereka mungkin ingin membawa mobil yang lebih baik hingga akhir hayatnya," beber Justin Fishkin, Kepala Strategi di Local Motors.

Fishkin menjelaskan jika mobil mulai dipasarkan pada 2016 mendatang. Harganya bervariasi antara US$ 18 - 60 ribu atau sekira Rp 247,14 - 823,8 jutaan tergantung pada pilihan dan upgrade hardware.

(ysp/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini