Sukses

Asap Hitam Keluar dari Knalpot Saat Motor Dipanaskan, Kenapa?

Liputan6.com, Depok - Pemilik sepeda motor matik mungkin pernah mengalami masalah ini, saat motor dinyalakan tiba-tiba keluar asap hitam dari knalpot. Namun, saat motor melaju asap tersebut hilang. Mengapa terjadi masalah ini?

Izas Ismail, Sevice Advisor Dealer Honda Mitra Jaya Depok mengatakan, hal ini bisa saja disebabkan karena dua hal. Pertama karena kelebihan bahan bakar, kedua karena adanya kotoran di knalpot.

"Pertama karena kelebihan bahan bakar. Terutama jika asap hitam keluar saat motor tidak digas. Bensin yang masuk dari pilot jet terhisapnya lebih banyak. Jadi efeknya keluar asap hitam," ujar Izas kepada Liputan6.com, Senin (30/11/2015).

Penyebab kedua, disebabkan karena adanya tumpukan karbon di bagian knalpot. "Ini biasanya terjadi kalau kebiasaan si pemotor jalannya pelan. Apalagi motor matik lawas filter udaranya lebih mudah dimasuki kotoran," tambahnya.

Untuk penyebab terakhir, Izas menyarankan agar pemotor lebih ngebut saat berkendara. "Itu (ada karbon di knalpot) biasanya kalau bawa motornya 40 sampai 60 km/jam. Nah, agar tidak kejadian, kencangkan sedikit kecepatan motor," tutupnya.

(rio/ian)