Sukses

Tarikan Motor Berat, Ini Penyebabnya

Liputan6.com, Depok - Tarikan motor yang semakin berat mungkin pernah dialami oleh semua pemilik sepeda motor. Tidak terkecuali motor matik apalagi usianya sudah bertahun-tahun. Lantas, apa sebetulnya penyebab masalah ini?

Izas Ismail, Sevice Advisor Dealer Honda Mitra Jaya Depok menjelaskan, hal yang patut diketahui pemilik motor terlebih dulu adalah cara kerja mesin.

Agar motor dapat hidup, sebetulnya hanya perlu tiga komponen, bahan bakar, kompresi, dan kelistrikan. Tiga bagian inilah yang pertama-tama harus diperiksa untuk mengetahui mengapa tarikan motor berat.

"Kompresinya lebih tinggi atau tidak. Kalau sudah pernah turun mesin, diganti piston, klepnya dinormalin lagi. Kalau baik, berarti masalah tarikan bukan pada bagian ini," ujarnya kepada Liputan6.com, Senin (30/11/2015).

Kemudian, pengecekan juga dilakukan pada saluran bahan bakar. Menurutnya, tersumbatnya bahan bakar juga dapat menyebabkan tarikan berat. "Lihat karburator, setelannya bagus apa tidak, campuran udara dan bahan bakarnya bagus apa tidak," tambahnya.

Terakhir, kalau komponen di atas baik semua, maka kemungkinan masalahnya terletak pada sistem penggerak dan aksesori, misalnya pada v-belt atau kabel gas. "Penyebabnya mungkin kabel atau v-beltnya rusak, kalau sudah baik semua, mustahil tarikan motor tetap berat," tutupnya.

(rio/ian)

Artikel Selanjutnya
Perlukah Menguras Minyak Rem Mobil?
Artikel Selanjutnya
Jangan Panik, Lakukan Hal Ini Jika Alami Rem Blong