Sukses

Top 5 Otomotif: Masalah Tarikan Mesin Jadi Pembahasan Menarik

Permasalahan pada motor sering terjadi dan melibatkan komponen yang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta Permasalahan pada motor sering terjadi dan melibatkan komponen yang berbeda. Salah satunya soal "tarikan" yang berat. Banyak hal menjadi faktor penyebab. Dan artikel menyangkut permasalahan itu kemarin paling banyak dibaca melalui kanal Otomotif Liputan6.com.

Begitu juga dengan asap hitam yang keluar dari knalpot. Rasa penasaran pembaca membuat berita seputar problematika pada kendaraannya jadi popular. Apa saja yang menarik sepanjang Senin (30/11/15), simak ringkasan beritanya:

1. Tarikan Motor Berat, Ini Penyebabnya
Tarikan motor yang semakin berat mungkin pernah dialami oleh semua pemilik sepeda motor. Tidak terkecuali motor matik apalagi usianya sudah bertahun-tahun. Lantas, apa sebetulnya penyebab masalah ini?

Izas Ismail, Sevice Advisor Dealer Honda Mitra Jaya Depok menjelaskan, hal yang patut diketahui pemilik motor terlebih dulu adalah cara kerja mesin.

2. Soal Selera Mobil, Ini Bedanya Konsumen Malaysia dengan Indonesia
Beda negara, beda juga selera dalam memilih kendaraannya. Kondisi Ini juga terjadi antara konsumen di Indonesia dan Malaysia dalam memilih mobil.

Mobil keluarga di Indonesia identik dengan MPV. Di Negeri Jiran, city car dipilih sebagai mobil keluarga.

"Perodua Myvi di sana banyak yang pakai untuk mobil keluarga kecil yang anaknya dua orang. Kalau di Indonesia, lebih banyak dipakai untuk anak muda," beber Abidullah Bin Mohammad Omar, Deputy General Manager Production Planning & Control Division Perodua Manufacturing, yang ditulis Senin (30/11/2015).

3. VW Kodok Termahal Siap Dilelang, Berapa Harganya?
Volkswagen (VW) `Herbie` Beetle dibanderol dengan harga tidak kurang dari US$ 86.250 atau sekira Rp 1,2 miliar. Mobil ini siap jadi rebutan pada sebuah acara lelang yang digelar Bonhams dan Turner Classic Movies.

Melansir Worldcarfans, Senin (30/11/2015), VW Kodok lansiran 1963 ini adalah Herbie asli yang membintangi film Herbie Rides Again dan Herbie Goes to Monte Carlo. Keduanya merupakan film tentang mobil paling terkenal di dunia.

4. Balapan Mobil Tanpa Sopir Segera Terwujud
Teknologi semakin canggih, bahkan meninggalkan manusia di belakang. Contohnya adalah kasus ini. Dua tahun lagi, direncanakan akan ada kompetisi balap antara mobil tanpa pengemudi (otonomos).

Ide ini dirancang oleh Federation Internationale de l'Automobile (FIA) yang menaungi balapan Formula. Kejuaraan tersebut akan dimasukkan dalam kelas Formula E. Demikian tulis dilaporkan The Globe and Mail, dilansir Senin (30/11/2015).

5. Asap Hitam Keluar dari Knalpot Saat Motor Dipanaskan, Kenapa?
Pemilik sepeda motor matik mungkin pernah mengalami masalah ini, saat motor dinyalakan tiba-tiba keluar asap hitam dari knalpot. Namun, saat motor melaju asap tersebut hilang. Mengapa terjadi masalah ini?

Izas Ismail, Sevice Advisor Dealer Honda Mitra Jaya Depok mengatakan, hal ini bisa saja disebabkan karena dua hal. Pertama karena kelebihan bahan bakar, kedua karena adanya kotoran di knalpot.

(sts/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini