Sukses

Tenaga Honda Beat Loyo? Ini Biang Keroknya

Liputan6.com, Depok - Pemilik sepeda motor Honda Beat sering merasakan tunggangannya kehilangan tenaga saat dikendarai. Hal ini diakui oleh Izas Ismail, Sevice Advisor bengkel resmi Honda Mitra Jaya Depok.

Izas menyebut, masalah ini biasanya bukan disebabkan karena faktor bahan bakar atau pengapian, tetapi di kompresi, khususnya di bagian ring piston. Untuk Honda Beat, ada tiga ring piston, yaitu ring kompresi 1 dan 2, serta ring oli.

"Biasanya cincin pistonnya mengunci karena ada kotoran. Ini karena ring piston mengalami titik jenuh. Bisa jadi kalau dibelah silindernya, itu bukannya lurus atas bawah, tapi agak kerucut," ujarnya kepada Liputan6.com, Senin (30/11).

Untuk mengatasi masalah ini, cara yang dapat dilakukan pemilik mobil adalah mengganti piston dengan harga sekira Rp 120an ribu. Meski begitu, Izas juga menyebutkan ada solusi jangka pendek yang bisa dilakukan sendiri.

"Caranya masukkan cairan aditif untuk engine cleaner. Cairan itu tinggal dimasukkan ke lubang busi. Setelah itu normal lagi. Tapi ingat, ini hanya solusi jangka pendek," tutupnya.

(rio/ian)