Sukses

Haram Hukumnya Melamun saat Mengemudi, Bisa Begini Jadinya

Melamun membuat pengendara tidak sigap menghindari halangan di depannya.

Liputan6.com, California - Mengemudi adalah aktivitas yang butuh konsentrasi dan fokus tinggi. Ini dimaksudkan agar para pengemudi tetap awas dan sigap untuk menghindar jika terdapat halangan di depan.

Oleh karena itu, mengemudi diharamkan melamun karena akan berujung fatal. Salah satu contohnya diperlihatkan melalui iklan layanan masyarakat distributor dashcam berikut ini memperlihatkan tabrakan beruntun yang sebenarnya dapat dihindari.

Insiden ini bermula saat pengemudi sedang melaju beriringan di belakang truk. Sopir truk mendadak banting setir ke kiri untuk menghindari mobil di depannya berhenti tiba-tiba.

Namun demikian, pengemudi di mana dashcam ini terpasang tampak terus melaju. Ia malah menambah kecepatan karena berpikir jika truk memberi kesempatan mendahului. Akibatnya, mobil menghantam cukup keras.

Kecelakaan lalu lintas seperti ini sebenarnya dapat dihindari karena mobil melaju dalam kecepatan sedang. Bila pengemudi tetap fokus dan konsentrasi, ia bisa pindah lajur bersama dengan truk yang menghindar.

(ysp/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini