Sukses

Di Tiongkok akan Ada Jalanan Warna-warni, Apa Tujuannya?

Pemerintah salah satu kota metropolitan yang ada di China, Chongqing, dilaporkan tengah membuat jalan yang berwarna-warni.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah salah satu kota metropolitan yang ada di China, Chongqing, dilaporkan tengah membuat jalan yang berwarna-warni. Jalan tersebut dicat merah, hitam, dan hijau.

Melansir Carnewschina, Selasa (1/12/2015), jalanan berwarna-warni itu adalah bagian dari flyover tinggi dan berliku yang ada di wilayah pegunungan distrik Nan'an.

Karena berada di wilayah itulah, proyek ini cukup sulit dikerjakan. Maka tak heran jika nilai investasi proyek ini sangat besar, yaitu sekira US$ 190 juta atau sekira 2,6 triliun (Kurs: Rp 13.807/US$).

Lantas, apa alasan membuat jalanan warna-warni seperti ini? Menurut sumber yang sama, alasan pertama adalah agar semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke kota itu. Kedua, cat diklaim lebih tahan aus sehingga bisa menghemat biaya pemeliharaan.

Bukan hanya itu, kontraktor juga menyebutkan dengan cat, maka permukaan jalan menjadi anti-slip, sehingga berguna jika di wilayah tersebut turun hujan. Terakhir, dengan beragam warna, maka pengemudi akan lebih fokus melihat jalanan.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.