Sukses

Ini Wujud SIM di Masa Depan

New South Wales jadi yang pertama membuat aturan untuk tidak lagi mencetak dokumen kewarganegaraan dalam bentuk cetak, melainkan digital.

Liputan6.com, Sydney - New South Wales (NSW), Australia, jadi negara bagian pertama yang membuat aturan untuk tidak lagi mencetak dokumen kewarganegaraan dalam bentuk cetak, melainkan digital. Tentu, dokumen ini termasuk Surat Izin Mengemudi (SIM).

Melansir News Australia, Rabu (2/12/2015), menteri Keuangan dan Jasa NSW, Dominic Perrottet, mengatakan bahwa berbagai dokumen tersebut akan tersedia secara digital mulai tahun depan.

"Teknologi ini akan memungkinkan warga negara untuk menampilkan serta memperbarui lisensi mereka menggunakan smartphone, dan tersedia juga informasi real time," ujar Perrottet kepada Sydney Morning Herald.

Meski demikian, ada kemungkinan juga lisensi tercetak masih tersedia bagi yang menginginkannya. Sejumlah warga negara mengharapkan, sebelum aturan ini diberlakukan, pemerintah dapat membuat sejumlah fitur keamanan.

Sebelumnya, pada September lalu, kepala layanan NSW yang menangani pembuatan izin baru, Glenn King, mengatakan aturan ini juga perlu diselaraskan dengan regulasi di tempat lain.

Jadi, mereka yang nantinya telah memiliki lisensi digital juga dapat membuktikan keaslian dokumennya di tempat-tempat yang belum menerapkan aturan yang sama seperti yang pemerintah NSW lakukan.

Untuk diketahui, pemerintah NSW sendiri mengeluarkan 23 juta lisensi dalam setahun, dengan 770 jenis lisensi yang berbeda-beda. Sejumlah negara bagian di Amerika Serikat (AS) juga dikabarkan sedang mempertimbangkan lisensi digital, termasuk California dan Delaware.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini