Sukses

Cara Gampang Cek Kondisi Mesin Motor Bekas, Mau Tahu?

Pembeli harus sangat jeli mengetahui motor incarannya dalam kondisi prima.

Liputan6.com, Jakarta - Berburu motor bekas bisa dibilang gampang-gampang susah. Pembeli harus sangat jeli mengetahui motor incarannya apakah dalam kondisi prima.

Dijelaskan Efendi, salah seorang makelar motor di bilangan Pisangan Lama, Jakarta Timur, kondisi motor bekas yang sehat dapat diketahui dari suara mesin yang halus dalam kondisi langsam maupun digas. Motor yang bermasalah biasanya langsamnya tidak bagus.

"Motor yang sehat itu waktu gasnya dibuka terus ditutup kembali masih tetap hidup. Putaran mesin harus kembali langsam secara normal seperti sebelum gas dibuka," ujar pria yang disapa Empen kepada Liputan6.com, Selasa (1/12/2015).

Pria yang juga berprofesi sebagai mekanik  lepas ini menjelaskan jika untuk mengetahui kondisi mesin cukup mudah.

 

Tarik tuas gas saat mesin hidup hingga putaran tinggi seperti sedang digeber. Setelah itu, lepaskan gas dan perhatikan putaran mesinnya apakah kembali langsam atau tidak.


"Saat gas ditutup, motor bekas yang mesinnya kurang bagus langsung drop dan tidak jarang terus mati. Ini bukan karena setelan gasnya dibuat besar, tapi karena ada komponen di dalam mesin yang geraknya macet atau karburatornya bermasalah," tuntasnya.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini