Sukses

Mau Audio Mobil Keren? Ini Harganya

Head unit merek MTech dibanderol Rp 1,8 juta.

Liputan6.com, Depok - Audio mobil adalah salah saru bagian yang sering dimodifikasi. Biasanya, ini dilakukan agar tampilan dan kualitas suara yang dihasilkan lebih baik. Lantas, berapa uang yang harus dikeluarkan untuk melakukan ubahan di bagian ini?

Agus, pekerja di Lian Mandiri yang berada di kompleks pertokoan Ramanda Autopart Depok, Jawa Barat, menjelaskan hal ini. Menurutnya, harga sangat tergantung bagian apa yang diubah, serta merek produk yang digunakan.

"Misalnya speaker Skeleton, itu harganya Rp 650 ribu, kalau Pioneer ukuran kecil itu Rp 325 ribu. Itu sudah termasuk pemasangan," ujarnya kepada Liputan6.com, Rabu (2/12/2015).

Sementara itu, komponen lain seperti head unit dibanderol hingga jutaan rupiah. Misalnya head unit merek MTech yang harganya Rp 1,8 juta, sementara untuk merek Rockgate Rp 1,4 juta.

Konsumen juga dapat mengganti sound system mobilnya dalam satu paket. "Paketan bisa, harganya minimal Rp 3,8 juta. Itu sudah termasuk head unit, speaker, power, dan subwoofer," tambah pria yang sudah bekerja di toko ini selama 5 tahun.

Bengkel ini juga menyediakan jasa modifikasi audio yang sedikit lebih ekstrem, yaitu pembuatan boks audio di bagian kabin paling belakang. Untuk layanan ini, biaya yang dikeluarkan minimal Rp 11 juta, dengan waktu pengerjaan sekira satu minggu.

Harga-harga di atas, menurut Agus, bukanlah harga pasti. "Di sini masih bisa nego. Selain itu, kami juga biasanya menyesuaikan pemasangan dengan keuangan konsumen. Jadi kalau uangnya kurang, kita bisa tawarkan pakai produk yang lebih murah," tutupnya.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.