Sukses

Porsche Serius Garap Sportscar Listrik

Porsche menginvestasikan uang 1 miliar euro atau sekira Rp 15 triliun untuk pembangunan pabrik terbesar yang akan memproduksi mobil sport.

Liputan6.com, Stuttgart - Porsche menginvestasikan 1 miliar euro atau sekira Rp 15 triliun untuk pembangunan pabrik terbesar yang akan memproduksi mobil sport listrik. Sebelumnya, pembangunan mobil listrik Porsche hanya sebatas wacana saja.

Melansir Reuters, Senin (7/12/2015), proyek mobil listrik ini ini dinamakan Mission E, yang mungkin bermakna Electric. Pabrik baru ini diprediksi akan menciptakan lebih dari 1.000 lapangan kerja baru.

Dari jumlah sebanyak itu, 700 juta euro akan dihabiskan untuk membuat pabrik perakitan di Zuffenhausen, Stuttgart, Jerman. Sisanya akan diinvestasikan di pusat riset dan pengembangan Porsche di Weissach.

Investasi ini diklaim sebagai bentuk komitmen Porsche terhadap lingkungan, setelah pabrikan induknya, Volkswagen (VW), tersandung kasus Dieselgate. Sebab, dengan skandal tersebut, banyak orang menyangsikan komitmen VW karena ternyata mesin Diesel yang dikenakan mereka berkali lipat lebih mencemari udara.

Mission E dilaporkan akan mulai terlihat hasilnya pada akhir dekade, atau tahun 2020. Tenaga yang dihasilkan dari mobil ini ditargetkan lebih dari 600 Tk dan dengan jangkauan jauh dalam satu kali isi ulang, yaitu lebih dari 500 km.

"Kami mengirimkan tanda yang signifikan bagi kemajuan merek," ujar Wolfgang Porsche, ketua Porsche Automobil Holding SE.

Sebelumnya, pada Maret tahun lalu, Porsche melalui CEO-nya kala itu, Mathias Muller, memang sudah mempertimbangkan pembuatan mobil listrik. Lebih jauh lagi, pada 2011 Porsche pernah menyingkap model Boxster E yang menggendong dua mesin elektrik dengan tenaga maksimal 245 Tk dan torsi 540 Nm.

Bukan hanya itu, pada Mei 2014 pernah terungkap satu dokumen Porsche yang menggambarkan sebuah mobil yang sedang mengisi energi listrik. Di sana, terlihat stasiun pengisian baterai dari sebuah soket listrik menuju mulut pengisian baterai menggunakan kabel spiral.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Porsche

Video Terkini