Sukses

Ternyata, Sirip di Lampu Belakang Innova Ada Fungsinya Lho!

Jika Anda perhatikan, all new Toyota Kijang Innova tidak hanya memiliki sirip di atap belakang

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda perhatikan, all new Toyota Kijang Innova tidak hanya memiliki sirip di atap belakang yang juga berfungsi sebagai antena. Sirip lainnya ada di dua tempat berbeda.

Pada lampu belakang nampak ada dua sirip dan satu sirip di depan dekat spion. "Kalau nama kerennya aero stabilizing fin. Itu merupakan komponen aerodinamika mobil," jelas Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Workshop Department Technical Service Division.

Ia menjelaskan, seperti halnya spoiler atau bentuk mobil yang streamline, komponen tersebut berfungsi pada kecepatan tinggi. Kalau sedang macet tentu tidak akan ada efeknya karena fungsi inti dari komponen ini untuk mengurangi hambatan udara pada mobil.

Sirip untuk menunjang aerodinamika

"Saat kecepatan tinggi, fungsinya untuk mengarahkan angin dari samping kendaraan supaya lurus ke belakang. Tanpa komponen ini, angin bisa berantakan alirannya,"

"(Untuk diketahui) angin kalau kalau di ekor mobil itu muter dan menciptakan kevakuman. Jadi seolah-olah, kalau di pantat mobil vakum seperti ada yang menahan mobil ke belakang," bebernya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, jika sirip tersebut bukanlah hiasan semata dengan alasan estetika. "Selain bisa membuat mobil lebih efisien, sirip ini bisa meningkatkan kestabilan saat kencang. Jadi bukan sekadar hiasan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.