Sukses

Mobil Militer Tangan Kanan Hitler Dijual, Rp 800 Juta Saja

Sebuah kendaraan militer milik tangan kanan Hitler, Heinrich Himmler, dijual dengan harga 400 ribu pound sterling

Liputan6.com, Berlin - Sebuah kendaraan militer lansiran 1930 dalam kondisi yang masih utuh dijual dengan harga 400 ribu pound sterling atau sekira Rp 834,8 juta. Ini adalah mobil bersejarah milik komandan pasukan khusus Nazi, Schutzstaffel (SS), yang juga tangan kanan Hitler.

Kendaraan militer bernama Wanderer W11/1 ini, menurut laman Dailymail, dilansir Kamis (10/12/2015), adalah yang digunakan Heinrich Himmler saat mengarsiteki Holocaust. Mobil inilah yang mengantarkan Himmler memeriksa kamp konsentrasi, di mana banyak orang dibunuh karena sentimen ras.

Wanderer W11/1 dengan empat kursi ini menggendong mesin tiga liter yang hasilkan tenaga 65 Tk. Himmler mengakuisisinya pada 1939. Sampai terakhir digunakan, Wanderer W11/1 baru melaju sejauh 102 km saja.

Sebelum dijual, mobil tersebut telah diteliti lebih dulu oleh para sejarawan untuk dibuktikan keasliannya. Setelah diteliti, kesimpulannya memang kendaraan tersebut asli milik pria yang juga pimpinan polisi rahasia Gestapo ini.

Mobil ini dijual oleh dealer mobil klasik Michael Fröhlich, yang telah berpengalaman selama lebih dari 40 tahun. Menurut mereka, mobil ini didapat dari sebuah perusahaan konsultan keuangan.

Beberapa pihak telah berusaha membeli kendaraan ini. Tetapi, karena pembeli tersebut teridentifikasi sebagai neo-Nazi, maka Fröhlich tidak jadi menjualnya.

Dijelaskan, mobil tersebut dibuat oleh sebuah pabrikan bernama Chemnitz, yang ada di Jerman Timur. Pabrik ini kemudian pindah ke Munchen setelah perang berakhir. Sayang, mereka harus gulung tikar pada 2010 lalu.

Hingga 1991, kendaraan tersebut ada di museum Riga, Latvia, yang juga hampir bangkrut. Saat ini, Wanderer W11/1 ada di gudang dekat restoran cepat saji McDonald's di Mettmann di North Rhine-Westphalia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.