Sukses

Trik Mengemudi Agar Kaki-kaki Mobil Tetap Awet

Kondisi

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi jalanan di Indonesia tidak sepenuhnya mulus seperti di luar negeri. Seringkali ditemui permukaan jalan yang bergelombang atau berlubang.

"Kalau jalannya mulus langsung hajar tidak apa-apa. Tapi, jika jalannya rusak, sebaiknya jalan pelan-pelan dan jangan asal hajar ," buka Hidayat, pemilik bengkel Karya Per di Jalan Pahlawan Revolusi, Pondok Bambu Jakarta Timur, pada Liputan6.com.

Jika mobil seringkali melintasi jalan yang kurang mulus dengan kecepatan tinggi, pria yang akrab disapa Haji Dayat mengungkapkan jika masalah yang akan dihadapi pemilik adalah pada sektor kaki-kaki. Biasanya kerusakan dimulai pada bushing rack steer yang robek.

"Mobil-mobil yang sudah pakai power steering elektrik pasti kena pada bushing rack steer. Untuk mobil yang power steering-nya pakai oli itu kuat," tambah Haji Dayat.

Ia pun mewanti-wanti pengemudi jika saat mendapati jalan rusak sebaiknya segera kurangi kecepatan. Bila main tancap gas berakibat kaki-kaki mobil cepat rusak.

"Berkendara sebaiknya pelan-pelan waktu lewat jalan yang tidak mulus. Sebab, Mobil sekarang nggak begitu kuat kaki-kakinya," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.