Sukses

5 Fakta Unik Toyota, Pabrikan Nomor Wahid Dunia

Berikut adalah lima fakta unik tentang Toyota yang mungkin saja belum Anda ketahui.

Liputan6.com, Aichi - Toyota merupakan salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia. Bahkan pada tahun ini mereka berhasil menjadi nomor satu dengan mengantongi hampir 9 juta unit di kuartal pertama 2015.

Bukan cuma soal angka, pabrikan Jepang ini tentunya menyimpan sejarah panjang. Dari sekian banyak fakta tentang Toyota, ada beberapa hal yang menarik dan unik, dan mungkin saya tidak banyak yang mengetahuinya. 

Diolah dari berbagai sumber, berikut ulasan selengkapnya:

1. Toyota Motor berawal dari perusahaan tekstil

Toyota Motors awalnya merupakan bagian dari Toyoda Automatic Loom Works, sebuah bisnis tekstil Jepang yang didirikan pada 1926.

Pada masanya, Toyoda Automatic Loom Works sukses memuat mesin tenun paling efisien. Lambat laun, paten untuk mesin itu dijual ke perusahaan Inggris guna membiayai Toyota Motors.

Toyoda Automatic Loom Works didirikan oleh Sakichi Toyoda, ayah Kiichiro Toyoda, bos pertama Toyota Motor.

Saat ini, Toyoda Automatic Loom Works telah berganti nama jadi Toyota Industries Corporation yang memproduksi beragam mesin. Toyota Group -- termasuk di dalamnya Toyota Motor dan Toyota Industries, terdiri dari 13 perusahaan yang berbeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Next

2. Toyota awalnya dibuat untuk perang

Saat perang dengan Tiongkok, pemerintah Jepang meminta Sakichi Toyoda untuk memproduksi mobil. Sebab, pada saat itu Jepang mengandalkan mobil dari luar negeri, sementara biayanya sangat mahal.

Menurut pemerintah Jepang, memulai produksi mobil di dalam negeri bukan hanya mengurangi pengeluaran, tetapi juga menciptakan lapangan kerja yang dibutuhkan kelas pekerja Jepang.

Anak Sakichi, Kiichiro, kemudian mengunjungi Amerika dan Eropa pada 1929 untuk mempelajari lebih lanjut tentang manufaktur mobil. Setahun kemudian, ia mulai melakukan penelitian soal mesin bensin.

Setelah dirasa siap, divisi kendaraan resmi beroperasi di Toyoda Automatic Loom Works pada 1933. Lima tahun setelah itu, dua mobil berhasil dilahirkan, sebuah kendaraan penumpang A1 dan truk G1.

3. Perang Korea menyelamatkan Toyota

Perang Korea, konflik antara Korea Utara dan Korea Selatan terjadi pada 1950 sampai 1953 yang juga difasilitasi oleh Amerika Serikat (AS) dan Uni Soviet serta Tiongkok ternyata pernah menyelamatkan Toyota dari kebangkrutan. Mengapa demikian?

Dijelaskan, pada 1950, perusahaan ini hampir gulung tikar. Bagaimana tidak, pada Juni 1950, mereka hanya memproduksi 300 unit truk. Tetapi, dalam beberapa bulan pertama Perang Korea, Toyota mendapat pesanan dari pemerintah AS lebih dari 5.000 unit. Otomatis, roda bisnis kembali berputar, bahkan lebih cepat dibanding yang sudah-sudah.

3 dari 3 halaman

Next

4. Corolla jadi model terlaris dunia

Dari sekian banyak model yang diciptakan, Corolla adalah model Toyota terlaris. Bukan hanya itu, penjualan model yang memulai debut pada 1966 ini bahkan mengalahkan seluruh mobil yang pernah diproduksi merek lain. Dengan kata lain, Corolla lah model terlaris sepanjang masa.

Pada Juli 2013, Corolla berhasil mencatatkan angka penjualan sebanyak 40 juta unit. Cukup jauh dari Ford-F Series yang menempati posisi kedua model terlaris sepanjang masa. Tentu, angka ini sekarang sudah bertambah. Pada 2013 saja, Corolla terjual lebih dari 300 ribu unit di AS, 44 ribu di Kanada, dan 43 ribu di Australia.

5. Toyota sangat penting untuk perekonomian AS

Puluhan tahun beroperasi membuat Toyota mampu berkontribusi pada perekonomian negara lain, bahkan negara digdaya seperti AS sekalipun. Pada 2010 saja, Toyota telah menciptakan lebih dari 365 ribu lapangan kerja, termasuk bisnis sampingan yang dihasilkan seperti dealer dan bengkel.

Saat ini, pabrik Toyota di AS telah ada di 6 wilayah, yaitu Mississippi, Kentucky, Texas, Indiana, Alabama, dan West Virginia. Beberapa model yang dibuat di Amerika adalah Camry, Tucson, dan Highlander, serta komponen mesin. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini