Sukses

Demi Plat Nomor Unik, Fans MU dan Chelsea Rela Bayar Rp 8,4 Juta

Dua juta pound sterling dihabiskan orang untuk membeli plat nomor pribadi. Sebagian besar adalah pendukung klub bola dan pecinta hewan.

Liputan6.com, London - Dua juta pound sterling atau sekira Rp 42,5 miliar dihabiskan orang untuk membeli plat nomor pribadi dari Driver and Vehicle Licensing Agency (DVLA), otoritas yang membawahi database pengemudi di Inggris Raya. Rekor ini terpecahkan hanya dalam waktu 24 jam.

Melansir Press Association, dari sejumlah orang itu, ada yang merupakan penggemar sepakbola fanatik, terutama pendukung Chelsea dan Manchester United. Bagaimana tidak, plat CH16 SEA dan MA16 UTD masing- masing dibanderol dengan harga 399 pound sterling atau sekira Rp 8,4 juta.

Selain pendukung MU dan Chelsea, ada pula penggemar hewan yang mengeluarkan uang 799 pound sterling (Rp 16,9 juta) untuk membeli plat nomor CB16 CAT, dan BB16 DOG seharga 200 pound sterling kurang.

Jika diperhatikan, seluruh angka yang tercetak adalah `16`. Dijelaskan, nomor 16 ini spesial karena hanya dapat dicetak pada kendaraan baru yang dibeli mulai 1 Maret lalu.

Diketahui, pembeli bukan hanya dari Inggris saja, tetapi juga ada yang berasal dari Rusia, Amerika Serikat (AS), Irak, dan Selandia Baru. Benar saja 3.576 plat nomor ludes terjual dengan angka penjualan mencapai 1 juta pound sterling hanya dalam 20 menit pertama. Seluruh hasil penjualan akan dimasukkan ke kas organisasi.

Untuk diketahui, plat nomor pribadi adalah tipe khusus dari plat nomor mobil atau kendaraan lain. Pemilik kendaraan membayar uang ekstra untuk mendapatkannya. Diketahui, penjualan plat pribadi ini menjadi sumber pendapatan yang signifikan untuk lembaga perizinan di banyak tempat, seperti Inggris, AS, dan Kanada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.