Sukses

Alat Canggih Ini Bisa Ungkap Informasi Pelat Nomor

Departemen transportasi dan pekerjaan umum Western Cape membuat alat yang mampu `membaca` pelat nomor kendaraan.

Liputan6.com, Cape Town - Perangkat canggih seukuran telepon genggam mulai digunakan Departemen Transportasi dan Pekerjaan Umum Western Cape, Afrika Selatan. Alat ini dibuat untuk membantu mereka dalam menangani lalu lintas antar-provinsi.

Melansir IOL, Selasa (22/12/2015), perangkat ini akan digunakan petugas lalu lintas yang ada di lapangan. Dijelaskan, alat ini pada dasarnya beguna untuk memverifikasi informasi perihal pelat nomor kendaraan.

Dengan alat ini, petugas dapat memiliki akses secara real-time ke automatic number plate recognition (ANPR) camera system, yang terhubung ke database eNaTIS di mana semua informasi tentang kendaraan dan pengemudinya disimpan.

Dijelaskan, perangkat ini telah dikembangkan dan diuji selama dua tahun terakhir oleh departemen. Perangkat ini diklaim sebagai yang pertama dioperasikan di Afrika Selatan.

Kamera pada perangkat akan langsung membaca pelat nomor kendaraan, termasuk status pendaftaran, status layak jalan, hingga pelanggaran yang dilakukan. Dengan begitu, petugas dapat langsung menilang pemilik kendaraan, seandainya ada pelanggaran yang dideteksi oleh perangkat.

"Kami terus mengkaji strategi untuk menegakkan hukum lalu lintas dan praktik keselamatan terbaik di jalan dengan inovasi dan teknologi," ujar Donald Grant, kepala transportasi dan pekerjaan umum Western Cape.

Selain itu, alat ini juga akan berfungsi sebagai pengumpul informasi agar manajemen lalu lintas di sana lebih baik lagi. Misalnya untuk merencanakan penyebaran sumber daya yang lebih merata sesuai kebutuhan tiap wilayah. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.