Sukses

Kaleidoskop Otomotif April: Ferrari Kevin Aprilio Nyangkut

Kisah sembrono Kevin Aprilio, serbi RX King, hingga kisah menarik di balik Vespa ceper mewarnai April 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar fenomenal menginjak bulan keempat 2015 berasal dari aktor muda Indonesia, Kevin Aprilio. Kevin membuat kehebohan saat mengendarai Ferrari F430 di gang sempit daerah Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Untungnya, aksi nekat ini tidak sampai membuat kerusakan berarti pada supercar berlogo kuda jingkrak tersebut. Kevin mem-posting video di akun Twitter-nya yang memperlihatkan mobilnya baik-baik saja, tidak lecet sedikitpun.

Kabar lainnya yang jadi sorotan sepanjang April masih seputar roda dua. Sosok RX-King yang sukses bertahan hingga 2008 atau seperempat abad menjadikannya sebagai motor sport paling fenomenal di Indonesia.

Sepeda motor yang dijuluki 'Sang Raja' ini merupakan hasil rancangan trio insinyur Yamaha antara lain Nobuo Aoshima, Chikao Kimata, Motoaki Hyodo. Ketiganya berkeliling ke berbagai kota di Jawa, Sumatera, dan beberapa bagian daerah lain di Indonesia menelisik seperti apa sepeda motor yang dibutuhkan masyarakat kala itu.

Riset yang dilakukan tersebut memperlihatkan jika sepeda motor yang ada terutama untuk yang bermesin 2-tak memiliki torsi yang rendah pada putaran bawah, boros BBM, serta asap knalpot yang terlalu ngebul. RX King hadir ke Indonesia pada 1983 sebagai jawaban Yamaha atas sebuah sepeda motor yang larinya kencang, namun tetap irit dan memiliki desain yang gagah.

Adapun kabar yang tak kalah fenomenal pada April lalu membahas Vespa ceper di Indonesia yang dikritisi oleh media asing. Modifikasi yang dilakukan oleh kalangan remaja berusia belasan tahun yang duduk di bangku SMP atau SMA.

Motoroids, media online asal India, menilai pengguna Vespa ceper yang dilihatnya tersebut mengundang bahaya. Bagaimana tidak, selain berbonceng tiga dalam posisi jongkok, dua dari tiga orang tersebut nyatanya tidak menggunakan helm sebagai elemen keselamatan standar ketika mengendarai sepeda motor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini