Sukses

Chery Automobile Pecahkan Rekor Produksi Pabrikan Asal Tiongkok

Chery Automobile jadi pabrikan mobil Tiongkok pertama yang memproduksi mobil hingga lima juta unit.

Liputan6.com, Wuhu - Chery Automobile jadi pabrikan mobil Tiongkok pertama yang memproduksi mobil hingga lima juta unit. Unit ke lima juta yang dibuat adalah model terlaris mereka, Arrizo5.

Dari jumlah tersebut, lebih dari 20 persennya diekspor ke lebih dari 80 negara di berbagai wilayah, salah satunya adalah Indonesia. Melalui Agen Pemegang Merek (APM) PT Chery Mobil Indonesia, mereka menjual delapan model andalan, di antaranya adalah Tiggo, Cristal, dan Cruise.

Chery sendiri didirikan di Wuhu, provinsi Anhui pada 1997. Butuh waktu hingga 10 tahun pabrikan ini membuat satu juta mobil. Itu artinya, sejak 2007 hingga 2015, Chery mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

November lalu, sebagaimana dilaporkan China Daily, Chery menjual 50 ribu unit mobil lebih. Selama enam bulan pertama 2015, mereka menjual 252.439 unit mobil, atau naik 17 persen dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya.

Sepanjang pendiriannya, perusahaan ini telah berinvestasi sekira US$ 4,6 miliar untuk riset dan pengembangan. Pabrikan yang secara mandiri memproduksi mobil mobil ramah lingkungan, mesin, dan gearbox ini telah memiliki 7.308 paten nasional.

Dengan potensi itu, mereka bercita-cita untuk menembus industri otomotif utama dunia. "Lima tahun ke depan adalah periode terbaik untuk mobil Tiongkok, dengan kombinasi antara teknologi internet dan energi terbarukan, membawa perombakan bagi industri otomotif dunia," ujar sang CEO, Yin Tongyue.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini