Sukses

5 Mobil Klasik yang Jadi Idaman

Mobil pada abad 20 juga menyuguhkan desain khas yang artistik.

Liputan6.com, Detroit - Mengendarai mobil klasik menyuguhkan sensasi tersendiri yang berbeda dari mobil-mobil modern. Duduk di balik kemudi mobil lawas bisa merasakan kesederhaaan masa lampau dimana teknologi otomotif masih belum terlalu rumit seperti sekarang.

Sosok mobil seperti itu masih menjadi idaman bagi masyarakat modern saat ini. Kalangan kolektor berusaha memburu deretan mobil lawas dengan desain artistik.

Mobil-mobil yang diproduksi pada awal abad 20 juga tidak melulu menyuguhkan performa. Kenyamanan dan kemewahan menjadi nilai unggulan mobil-mobil jadul.

Apa saja mobil-mobil itu? berikut ini uraiannya yang dilansir dari Carophile, Senin (28/12/2015):

1. Ford Model T

Ford menciptakan model T pada 1908 sebagai mobil murah pertama di dunia. Ford Motor Company melakukan pemangkasan anggaran secara signifikan sehingga memungkinkan Model T dipasarkan dengan harga terjangkau.

Meskipun mobil ini 'murah', tampilannya tidak murahan karena terlihat mewah dan berkelas bagi orang biasa. Selain itu, Ford Model T juga didukung performa mesin sekedarnya untuk mobilitas sehari-hari.

Untuk sumber tenaga berasal dari mesin empat silinder 2,9 liter dengan output 20 Tk. Kecepatan maksimum yang dicapai sebatas 45 mph.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bugatti - Mercy

2. Bugatti Type 41 'Royale'

Eltore Bugatti menciptakan kendaraan yang dijuluki Royale pada 1931 ini sebagai mobil premium. Type 41 memiliki panjang 21 ft dan bobot 7 rb pound sehingga didaulat sebagai salah satu mobil terbesar di dunia.

Mesin raksasa berkapasitas nyaris 15 liter dengan output mencapai 300 Tk jadi andalan pada mobil ini. Bugatti berencana menjual Royale sebanyak 25 unit. Krisis dunia mengakibatkan penjualan mobil ini sebatas enam unit.

3. Mercedes Benz 300 SL

Foto: Carophile

Roadster yang diproduksi pada 1955 dengan pintu gullwing ini adalah sosok ikonis Mercedes Benz. 300 SL juga merupakan mobil sport tersukses sepanjang sejarah.

Bagaimana tidak, dapur pacu yang digunakan mencomot mesin pesawat terbang Messerschmitt Bf 109E pada Perang Dunia II. Mesin V12 berkode DB 601 sanggup memproduksi daya hingga 215 Tk dan sanggup membuat 300 SL berlari hingga 161 mph, rekor kecepatan dunia saat itu.

3 dari 3 halaman

Ferrari - Ford

4. Ferrari 250 TR

Ferrari membangun 250 Testa Rossa secara eksklusif, yaitu sebanyak 21 unit dalam kurun waktu 1957-1958. Jumlah ini terbagi atas 19 mobil untuk konsumen, sedangkan dua sisanya adalah mobil yang digunakan khusus pabrikan.

Nama Testa Rossa dalam bahasa Italia ini jika diartikan bermakna kepala merah. Ini dimaksudkan menggambarkan cover mesin berkelir merah.

Mobil ini diciptakan dengan desain tidak lazim dimana fender depan dibuat terpisah dari bodi. Selain itu, siluet bodi dengan lekukan tegas menciptakan sisi aerodinamika kendaraan yang baik.

5 Ford Mustang

Foto: Carophile

Ford Mustang menjadi manifestasi sesungguhnya konsep muscle car Amerika. Untuk meningkatkan daya tarik, Ford menciptakan mobil ini di 1964 dengan empat kursi penumpang.

Interior 'si kuda poni', julukan Mustang,' juga lapang untuk penumpang di kursi depan. Mobil ini makin terkenal setelah digunakan dalam pembuatan sekuel film James Bond berjudul Goldfinger.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini