Sukses

Deretan Mobil Berpintu Gullwing

Mobil dengan pintu gullwing memiliki gaya unik dan berbeda dari tren pada umumnya.

Liputan6.com, California - Pintu jenis gullwing menjadi fenomena unik di jagat roda empat. Cara membukanya yang vertikal ke atas membuatnya beda dari mobil pada umumnya.

Jenis pintu ini membutuhkan engsel yang kuat menopang pintu serta menuntut rancangan kokoh pada struktur rangka dan bodi. Selain itu, pintu gullwing juga rentan bocor pada bagian panel atap.

Oleh karea itu, tidak semua pabrikan menciptakan mobil dengan pintu gullwing. Hanya segelintir model saja yang menggunakan pintu layaknya sayap burung tersebut.

Apa saja mobil legendaris dengan ciri khas pintu gullwing? berikut ini rinciannya yang dilansir dari Carophile, Selasa (29/12/2015):.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mercedes Benz SLS - 300 SL

Mercedes-Benz SLS

SLS Class menjadi pembuktian eksistensi mobil sport dengan pintu gullwing era modern. Mobil sport ini lakoni debut perdana pada Geneva Motor Show 2009 lalu.

Mercedes menciptakan SLS sebagai suksesor dari model SLR McLaren. Dijelaskan bila pabrikan otomotif yang bermarkas di Stuttgart tersebut menciptakan SLS secara handmade termasuk hingga bagian mesin.

SLS dipersenjatai mesin V8 6,3 liter dengan transmisi tujuh percepatan otomatis dual clutch hasil racikan oleh AMG. Performa mesin membuat SLS sanggup digeber hingga kecepatan 315 km/jam.

Mercedes Benz 300 SL

Foto: Carophile

Inilah mobil sport pertama Mercedes dengan pintu gullwing. Selain gullwing, Mercedes juga menyediakan edisi ini dalam versi roadster beratap terbuka.

300 SL mengusung mesin enam silinder segaris berkapasitas 3,0 liter yang dikawinkan transmisi empat percepatan. Pabrikan mengklaim 300 SL sanggup dipacu hingga kecepatan maksimum 259 km/jam dengan performa akselerasi dari 0-100 km/jam dalam 7,4 detik.

3 dari 3 halaman

DeLorean DMC 12 - Tesla Model X

DeLorean DMC-12

Penggemar film lawas berjudul Back to The Future pastinya tidak asing dengan sosok DMC-12. Ya, mobil yang dimanfaatkan sebagai mesin waktu tersebut hadir dengan pintu gullwing.

DeLorean memproduksi DMC-12 pada kurun waktu 1981-1983. Material yang digunakan untuk bodi DMC-12 juga berbeda dari mobil pada umumnya karena menggunakan stainless steel.

Saat ini, populasi DMC-12 dikatakan masih lebih dari 5 ribu unit. Sekalipun jadul, mobil ini bisa dipacu hingga 75 mph.

Tesla Model X

Tercatat, sejumlah model seperti Mercedes-Benz 300 SL, De Tomaso Mangusta, hingga yang terbaru Tesla Model X memiliki pintu ini.

Tren pintu gullwing tidak hanya digunakan pada mobil sport, Tesla Motors bahkan menggunakan pintu sayap burung ini pada Model X yang berwujud crossover. Pintu gullwing pada Model X terdapat pada bagian tengah.

Model X didukung penggerak motor elektrik yang serupa dengan Model S yakni 60 kWh, 85 kWh, dan 85 kWh. Tesla menjadwalkan peluncuran Model X pada penghujung 2014 lalu, namun diundur sampai waktu yang belum ditentukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini