Sukses

Tidak Mau Kalah dari Toyota, Hyundai Buat Mobil Hidrogen

Hyundai berencana meluncurkan mobil berbahan bakar hidrogen.

Liputan6.com, Seoul - Hyundai berencana meluncurkan mobil berbahan bakar hidrogen. Ini adalah proyek pengembangan kendaraan ramah lingkungan kedua setelah pabrikan asal Korea Selatan itu meluncurkan ix35 Fuel Cell pertengahan tahun ini.

"Kami akan meluncurkan kendaraan khusus, meskipun tidak jelas jenis apa kendaraan tersebut," ujar Sae-Hoon Kim, head of hydrogen fuel cell research, Hyundai-Kia, dilansir dari Autocar, Rabu (30/12/2015).

Kim mengatakan bahwa dengan tangki hidrogen terisi penuh, mobil diprediksi bisa menempuh jarak hingga 804 km. Sementara kecepatan tertinggi yang bisa diperoleh adalah 177 km/jam. Sayangnya, tidak dijelaskan berapa kecepatan pengisian tangki bahan bakarnya.

Dari pernyataan tersebut, diketahui ada kemajuan berarti dari mobil baru ini dibanding pendahulunya. Untuk diketahui, ix35 Fuel Cell `hanya` dapat menempuh jarak 594 km dengan tangki penuh serta kecepatan maksimal 160 km/jam.

Kim menambahkan, hidrogen adalah solusi terhadap masalah keterbatasan bahan bakar dan juga aman untuk digunakan. "Semua bahan bakar berbahaya. Tapi tangki hidrogen telah diuji dengan ekstrem dan berhasil melewatinya," tambah Kim.

Saat ini sebetulnya telah ada mobil berbahan bakar hidrogen, misalnya Toyota Mirai. Mobil yang diperkenalkan pada November 2014 di Los Angeles Auto Show ini menggunakan campuran hidrogen dan udara yang menghasilkan reaksi kimia berupa listrik untuk menggerakkan roda.

Hyundai sendiri memiliki edisi terbatas Tucson hidrogen. Tapi, crossover tercepat di dunia ini hanya tersedia di wilayah California, Amerika Serikat (AS) saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.