Sukses

Karimun Wagon R Tujuh Penumpang Rilis Februari?

Maruti Suzuki, Agen Pemegang Merek Suzuki di India, dilaporkan akan merilis MPV Maruti Wagon R di Auto Expo 2016, Februari 2016.

Liputan6.com, Delhi - Maruti Suzuki, Agen Pemegang Merek Suzuki di India, dilaporkan akan merilis MPV Maruti Wagon R tujuh penumpang di Auto Expo 2016, yang akan dihelat di India Expo Mart, 5-9 Februari 2016.

Kabar tentang peluncuran mobil yang di Indonesia dikenal dengan Karimun Wagon R ini telah mencuat beberapa waktu yang lalu. Oktober 2015 misalnya, Maruti mengimpor Wagon R berkonfigurasi tiga baris kursi dari Jepang untuk kebutuhan riset dan pengembangan.

Melansir Indianautosblog, Jumat (1/1/2016), dokumen impor mengungkapkan bahwa salah satu prototipe yang didatangkan ke India bermesin bensin dengan kapasitas 1.197 cc. Varian lainnya menggendong mesin Diesel 1.248 cc.

Wagon R dipastikan akan dilengkapi transmisi manual 5 percepatan. Tapi tidak menutup kemungkinan pula bahwa model ini akan tersedia dalam varian transmisi otomatis 5 percepatan.

Dari sumber yang sama, diketahui Wagon R tujuh penumpang memiliki panjang 3.700 mm (101 mm lebih panjang dari Wagon R standar). Ini sedikit lebih pendek dibanding saingan terdekatnya, Datsun Go + yang panjangnya mencapai 3.995 mm.

Karimun Wagon R tujuh penumpang ini akan berada di bawah MPV Ertiga. Khusus di India, mobil ini juga dikabarkan akan dijadikan armada taksi.

Kabar peluncuran Wagon R tujuh penumpang ini sekaligus menepis rumor yang berkembang sebelumnya. Situs otomotif India lainnya, GaadiWaadi, mengabarkan pada Oktober 2015 bahwa Wagon R tujuh penumpang meluncur September 2016. Mobil ini akan mulai dijual pada Maret 2016.

Varian tiga baris kursi pada Wagon R sebenarnya bukan hal baru. Pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah menampilkan Wagon R konsep dengan tiga baris penumpang atau 7 kursi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini