Sukses

Tiga Mobil yang Paling Dicintai Konsumen

Berikut adalah tiga mobil yang paling dicintai konsumen menurut perusahaan analis perusahaan otomotif, Strategic Visions.

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh pabrikan otomotif meluncurkan mobil-mobil baru dengan satu tujuan: disukai, dan pada akhirnya dibeli masyarakat. Sepanjang sejarah industri, seluruh merek mobil berlomba agar senantiasa dipilih konsumen.

Lantas, dari sekian banyak model yang diluncurkan itu, manakah yang paling disukai masyarakat? Analis perusahaan otomotif yang berbasis di Amerika Serikat (AS), Strategic Visions, melakukan riset untuk menemukan jawabannya.

Hasil riset ini kemudian dipublikasikan dalam sebuah laporan bernama `Customer Love Index`. Riset ini didasarkan pada sampel dari konsumen di 50 negara bagian AS.

Dilaporkan Forbes, posisi teratas indeks ini diraih oleh Porsche Macan, SUV kompak mewah. Merek tersebut mendapat skor sebesar 629. Jumlah ini jauh lebih tinggi dibanding skor rata-rata yang hanya mencapai angka 400.

"Mereka (Porsche) melakukannya dengan sangat baik, dan Macan pantas berada di posisi pertama," ujar presiden Strategic Vision, Andrew Edwards.

Keberhasilan Porsche Macan ini sekaligus mengkudeta posisi Tesla Model S yang tahun lalu berada di posisi pertama. Sementara Model S sendiri sudah tidak masuk dalam hitungan survey, sehingga tidak lagi ada di dalam indeks.

Temuan menarik lainnya adalah mobil-mobil yang lebih ramah lingkungan seperti Toyota Prius dan Toyota Camry Hybrid tidak masuk di 10 besar. Menurut Edwards, hal ini dikarenakan faktor efisiensi saja tidak cukup untuk menarik `hati` konsumen.

Berikut tiga mobil yang menduduki peringkat teratas Customer Love Index 2015 selengkapnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Next

Subaru WRX

Subaru WRX yang dimaksud adalah generasi keempat, yang dirilis pertama kali pada 2014 untuk model tahun 2015. WRX ini sebagian besar masih menggunakan desain Impreza, dari mulai pintu depan, bagasi, dan interior.

Tahun 2015, Subaru WRX dilengkapi dengan powertrain baru. Dengan mesin baru ini, WRX mampu melaju 100 km/jam dalam waktu 4,8-5,5 detik.

April lalu, Subaru resmi memperkenalkan beberapa pilihan upgrade untuk 2016 Impreza WRX dan WRX STI. Pada pembaruan ini, salah satu fitur unggulannya adalah teknologi keselamatan dengan rating tinggi.

Pabrikan asal Jepang ini menawarkan fitur lengkap EyeSight. Teknologi terbaru ini memberikan layanan sistem navigasi. Selain itu, fitur yang telah ada sebelumnya seperti rear cross-traffic alert masih dipertahankan.

Kabar terakhir menyebut Subaru WRX baru yang akan dijual tahun ini akan dilengkapi dengan trim Premium dan Limited dengan velg 18 inci.

3 dari 4 halaman

Next

Dodge Charger

Dodge Charger memiliki sejarah yang panjang. Sejak diluncurkan pertama kali pada 1964, mobil ini telah berganti tipe beberapa kali. Di pasar AS, Charger pernah digunakan untuk mobil subkompak, sedang, dan coupe mewah.

Setelah vakum selama 19 tahun, Dodge memperkenalkan kembali Charger pada 2005. Saat itu, Charger adalah sedan empat pintu yang menggunakan platform desain Chrysler LX. Generasi tersebut tersedia dengan mesin V6 dan V8, dengan transmisi 5 dan 8 percepatan otomatis.

Pada 2014 lalu, Dodge Charger baru kembali diperkenalkan di New York Auto Show 2014. Model terbaru ini mengalami penyegaran yang cukup berbeda dari versi sebelumnya, baik eksterior maupun interior.

Dodge menggarap desain facia disertai bentuk pintu dan fender belakang baru. Desain lampu depan dan grill depan juga berubah menjadi lebih sempit. Pada bagian penerangan, lampu day time running light (DRL) dan lampu belakang LED.

Pada interior, model ini mendapat penyegaran pada delapan bagian trim kabin. Roda setir berbentuk palang tiga dan juga desain ectronic shifter knob yang sporty. Model ini dikirim ke dealer seluruh dunia akhir tahun lalu.

4 dari 4 halaman

Next

Porsche Macan

Porsche Macan diproduksi sejak 2014 hingga saat ini. Mobil ini tersedia dalam empat varian mesin, bensin 2,0 liter, bensin 3,0 liter, bensin V6 3,6 liter, serta Diesel 3,0 liter. Semuanya disandingkan dengan transmisi 7 percepatan.

Nama Macan diambil dari kosakata bahasa Jawa yang berarti harimau. Meskipun menggunakan Macan, bukan serta merta pelafalannya mengikuti bahasa Indonesia. Pabrikan otomotif asal Jerman itu mengatakan, penyebutan yang benar adalah ma-CAN (makan) bukan ma-Shan (macan).

Di Indonesia, model ini diluncurkan pada awal Juli 2014 oleh  PT Eurokars Artha Utama selaku distributor resmi mobil premium Porsche di Indonesia. Porsche Macan ditawarkan dalam tiga tipe, yakni Macan 2.0 liter empat silinder, Macan S 3.0 liter V6, dan Macan Turbo 3.6 liter V6.

Harapan terhadap mobil ini terbukti keberhasilannya. Macan menjadi penyumbang penjualan terbanyak untuk Porsche Indonesia, begitu juga penjualan secara global. Dari Januari-Oktober tahun lalu, mobil ini terjual sebanyak 190 ribu unit.

Meski begitu, model ini tak luput dari recall atau penarikan. Awal November lalu misalnya, Porsche Australia menarik 1.302 unit SUV Macan karena berpotensi bocor di saluran bahan bakar. Sementara akhir Desember lalu Porsche Rusia diperintahkan menarik 2.893 unit Macan karena potensi kebocoran pada pipa injeksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.