Sukses

Jalur Alternatif Diserbu Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Tentu saja, ada pengendara yang pasrah macet-macetan. Tapi ada juga yang berinisiatif mencoba jalur alternatif.

Liputan6.com, Jakarta - Libur panjang menyambut momen Natal dan Tahun Baru tentu berakibat pada kepadatan lalu lintas. Sejak Rabu (23/12/2015) malam, lalu lintas mulai mengekor di sejumlah ruas, termasuk Tol JORR dan Cikampek.

Tentu saja, ada pengendara yang pasrah macet-macetan. Tapi ada juga yang berinisiatif mencoba jalur alternatif.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Condro Kirono mengungkapkan, kepadatan ini terjadi karena sekira 3 juta lebih mobil pribadi, 1 juta lebih kendaraan pribadi dari daerah sekitar Jakarta, dan 12 juta sepeda motor tumplek ke jalan. Khususnya yang mengarah ke tol Ciawi, Cikampek, dan Jakarta-Merak.

"Kalau mereka keluar semua , sudah tidak ada space (ruang). Berapa pun polisi tidak akan menyelesaikan masalah kalau tidak ada keseimbangan antara volume kendaraan dan ketersediaan Jalan," kata Condro.

Nah, sebuah polling yang dibuat kanal otomotif Liputan6.com pada 27 November menyimpulkan mayoritas pengendara memilih jalur lain untuk tiba di tempat tujuan.

Data per 2 Januari 2016, 60 persen dari total responden (367) memilih memutar untuk cari jalur yang relatif senggang. Sedangkan 40 persen lainnya, memilih sabar menghadapi macet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini