Sukses

Ilmuwan Temukan Logam Baru yang Lebih Canggih untuk Mobil

Peneliti dari University of California, Los Angeles, menemukan campuran untuk membuat logam generasi baru yang lebih kuat dan ringan.

Liputan6.com, California - Peneliti dari University of California, Los Angeles (UCLA), menemukan campuran untuk membuat logam generasi baru yang lebih kuat dan ringan. Temuan ini berpotensi mengubah `wajah` produksi mobil.

Dilaporkan MSN, logam baru tersebut berasal dari campuran nanopartikel silikon karbida dengan magnesium cair. Campuran ini diklaim berhasil menciptakan logam level tertinggi dengan kombinasi antara kekuatan, berat, dan kekakuan paling tepat.

Proses pencampuran dilakukan dengan menyuntik silikon pada magnesium, dengan persentase masing-masing 14 dan 86 persen.

Dijelaskan, silikon karbida adalah material ultra-keras yang digunakan pada rem karbon keramik. Setelah disuntikkan, nanopartikel ternyata dapat tersebar merata ke seluruh magnesium. Pemadatan campuran logam ini dilakukan dengan mesin canggih.

Meski sukses, tim peneliti mengaku riset ini barulah awalan. "(Hasil uji coba) ini hanya menggali permukaan harta karun untuk menemukan logam kelas baru dengan sifat revolusioner dan fungsional," ujar kepala penelitian, Xiaochun Li.

Dikatakan, hasil riset ini akan terus dikembangkan. Selain untuk produksi sasis mobil, terbuka kemungkinan logam ini juga akan digunakan untuk bahan pembuatan pesawat, barang elektronik, hingga peralatan medis.

Sayang, karena sifatnya yang masih uji coba, belum dapat dipastikan berapa harga logam yang belum diberi nama ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.