Sukses

Lima Diktator Dunia dan Mobil-mobilnya

Berikut adalah lima mobil yang dimiliki oleh diktator yang pernah berkuasa.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sejarah manusia, ada beberapa orang yang dinobatkan sebagai diktator. Mereka adalah pimpinan sebuah negara, dengan sistem otoritarian yang mengontrol semua aspek kehidupan warganya.

Mereka benar-benar berkuasa, dan korup. Karena itu, kemampuan mereka untuk memenuhi semua yang diinginkannya nyaris tidak terbatas. Mereka punya uang untuk membeli apapun, termasuk barang-barang mewah seperti mobil.

Mobil, yang sering kali dikustomisasi dan dipersenjatai, adalah simbolisasi kekuasaan mereka. Dengan tunggangan itu mereka ingin tunjukkan ke semua orang bahwa mereka berkuasa, dan orang lain berada di bawahnya.

Diolah dari berbagai sumber, berikut adalah lima diktator yang pernah berkuasa dan mobil-mobil favorit mereka:

Kim Jong-il: Mercedes-Benz 600 Landaulet

Kim Jong-il adalah pimpinan Korea Utara sejak 1994 hingga Desember 2011. Menurut kantor berita Reuters, Kim meninggal dunia karena kelelahan mental dan fisik dalam perjalanan menggunakan kereta api. Ia kemudian digantikan anaknya, Kim Jong-un.

Semasa berkuasa, Kim punya beberapa mobil. Salah satu yang paling terkenal adalah Mercedes-Benz 600. Mobil yang dibuat pada 1963 ini juga dimiliki oleh John Lennon, George Harrison, dan Elvis Presley.

Sampai dengan penghentian produksinya pada 1981, Mercy berhasil membuat 2.677 unit 600. Di antaranya ada yang dibuat menjadi versi khusus yang disebut Landaulets. Pabrikan asal Jerman ini mengklaim tidak ada Landaulets yang benar-benar sama.

Kim juga menyukai Mercy lainnya. Dia dilaporkan juga memiliki dua limusin Mercy S600 Pullman Guard untuk menggantikan mobil lamanya, Maybach.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Next

Adolf Hitler: Mercedes-Benz W31 Type G4

Siapa yang tidak mengenal Adolf Hitler? Ia adalah pimpinan Nazi Jerman yang berkuasa saat Jerman turut serta di Perang Dunia II, 1939 hingga 1945. Ialah yang mengatakan bahwa ras aria adalah yang terbaik di dunia.

Salah satu mobil yang dimiliki Hitler adalah Mercedes-Benz W31 Type G4. Mobil ini dibuat pada 1934, saat angkatan bersenjata Jerman membutuhkan kendaraan komando. Agar membuat Hitler gagah, mobil tujuh kursi ini dibuat terbuka.

Menurut laman D'Marge, mobil ini digunakan terutama untuk parade dan inspeksi ke kamp-kamp konsentrasi dan ke tempat lain. Mobil ini juga yang digunakan saat parade perayaan pendudukan Austria dan aneksasi Republik Ceko.

Mobil ini tidak lagi diproduksi sejak 1939. Total, ada 30 unit Mercedes-Benz W31 Type G4 yang pernah dibuat.

3 dari 5 halaman

Next

Benito Mussolini: Lancia Astura

Benito Mussolini adalah kawan Hitler yang juga fasis. Ia, bersama Jerman dan Jepang, berada di blok yang sama. Mussolini berkuasa hingga 1943. Ia dipaksa mundur dari jabatan Perdana Menteri setelah Italia terus menerus kalah di Afrika.

Selama ia berkuasa sebagai Perdana Menteri, kendaraan wajibnya adalah Lancia Astura lansiran 1939 berkelir merah. Mobil ini awalnya dibeli oleh Kementerian Dalam Negeri, tetapi diambil alih oleh sang diktator.

Menurut laman Lifeinitaly, mobil yang pertama kali diperkenalkan di Paris Motor Show 1931 ini dikustomisasi oleh Pininfarina. Ia sering menggunakan mobil tanpa atap ini untuk berparade di jalanan Italia.

Mobil yang diberi nama `Torpedo Ministeriales` ini diyakini hanya dibuat enam unit atau kurang. Pada 2005, mobil Mussolini ini dilelang.

4 dari 5 halaman

Next

Saddam Hussein: Mercedes-Benz 600 Landaulets

Saddam Hussein adalah presiden Irak pada periode 1979 hingga 2003. Amerika Serikat (AS) menuduh negara itu memiliki senjata pemusnah massal. Saddam akhirnya dihukum gantung setelah terbukti melakukan kejahatan HAM berat.

Selera mobil Saddam selama berkuasa mirip dengan Kim Jong-il. Ia, menurut laman Jalopnik, juga memiliki Mercedes-Benz 600 Landaulets. Mobil ini juga dimiliki diktator lain seperti Ferdinand Marcos dan Pol Pot.

Dijelaskan, mobil ini tidak akan direstorasi ataupun dipamerkan dimanapun oleh penyimpannya saat ini, Petersen Museum. Menurut mereka, barang-barang Saddam terlalu kontroversial untuk diperlihatkan ke publik.

5 dari 5 halaman

Next

Muammar al-Qaddafi: `Roket Libya`

Muammar al-Qaddafi adalah penguasa Libya sejak 1969 hingga 2011. Ia berkuasa melalui kudeta politik, dan mulai menghabisi oposisi saat berkuasa. Ia jatuh salah satunya karena tekanan massa lewat gerakan yang dikenal dengan Arab Spring.

Salah satu mobil yang paling tenar milik Qaddafi adalah mobil super berkelir putih yang dibuat di dalam negeri. Mobil ini dinamakan Saroukh el-Jamahiriya atau `Roket Libya`, dibuat khusus untuk kepentingan keselamatan sang diktator.

Menurut salah satu juru bicara Libya seperti yang dilansir Autoblog, mobil ini adalah yang paling aman dari mobil lain yang pernah diproduksi. Mobil ini dilengkapi dengan apa yang disebut `sistem pertahanan elektronik`.

Selain Roket Libya, Qaddafi juga memiliki mobil Fiat 500 kustom bertenaga listrik. Berbeda 180 derajat dengan yang pertama, mobil berkelir hijau ini sangat `lucu`. Mobil ini dimodifikasi oleh coachbuilder asal Italia, Castagna Milano.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini