Sukses

Cara Mengatasi Rem Cakram Belakang Berdecit

Sepeda motor bebek saat ini sudah jamak menggunakan rem cakram pada roda belakang.

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor bebek saat ini sudah jamak menggunakan rem cakram pada roda belakang. Peranti ini membuat pengereman lebih baik dengan jarak berhenti yang lebih dekat.

Penyakit yang kadang dijumpai pada rem cakram belakang biasanya timbul suara berdecit seperti berbunyi 'cit..citt..' ketika sedang bekerja. Pardiono selaku Kepala Bengkel Astra Motor Jakarta menyebut, kerusakan ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

"Bunyi itu bisa dilihat apakah disc atau kampasnya sudah tipis atau belum. Selain itu bisa juga karena permukaan brake pad sudah tidak rata atau kotoran apabila brake pad dan disc masih bagus," bebernya kepada Liputan6.com.

Pardiono menjelaskan jika kampasnya bisa diratakan permukaannya. Ini hanya bisa dilakukan bagi pemilik motor yang mengerti cara membongkar sendiri bagian remnya.

"Brake pad yang sudah  kurang rata permukaannya bisa diratain pakai ampelas halus. Namun demikian, hal ini percuma dilakukan bila permukaan disc sudah tidak rata," sambungnya

Lebih lanjut, ia menjelaskan, kotoran yang menumpuk pada akhirnya bisa membuat master kaliper macet. Hal ini bisa menghambat kinerja pengereman.

"Biasanya kalau kotor itu remnya dibongkar dan dibersihkan. Caranya juga manual dicuci pakai air bersih. Bila pakai cleaner yang disemprot ditakutkan bikin licin dan belum direkomendasikan juga dari pihak Honda," tuntasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini