Sukses

5 Mobil Keren yang Mesinnya Pakai Merek Lain

Pabrikan tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk mengembangkan mesin.

Liputan6.com, California - Mobil-mobil keren dibangun dengan desain menarik serta mesin di atas rata-rata. Namun demikian, tidak semua merek mampu menciptakan mesin yang tangguh untuk model flagship-nya.

Beberapa pabrikan bahkan mempercayakan mesin mobilnya kepada merek lain. Ini disebabkan karena pabrikan tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk mengembangkan mesin sesuai dengan kebutuhannya.

Apa saja mobil keren yang mesinnya pakai merek lain? Berikut ini daftarnya sebagaimana dilansir Popularmechanics:

Ariel Atom

Mobil tanpa atap ini memiliki performa yang sangat cepat ketika dipacu. Banyak pecinta otomotif yang menganalogikan performa mobil ini sebagai `jet darat`.

Meskipun sangat cepat, Ariel selaku pabrikan tidak sepenuhnya menciptakan mesin Atom ini sendiri. Dapur pacu pada Atom mengadopsi mesin Honda Civic Si yang ditambahi turbocharged.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lotus - Pagani

Lotus Evora 400

Siapa sangka generasi terkini roadster Lotus pakai mesin comotan. Ya, Lotus Evora 400 menggunakan mesin V6 supercharged yang berasal dari Toyota Camry.

Di tangan Lotus, mesin sedan tersebut jadi lebih bertaji. Ini karena Evora 400 jadi model Lotus yang paling cepat dan paling bertenaga sepanjan sejarah.

Pagani Zonda

Foto: Popularmechanics

Pagani menjadi salah satu pabrikan yang mempercayakan mesin supercar-nya digarap merek lain. Pabrikan asal Modena, Italia, ini hanya menciptakan desain dan rancang bangun pada Zonda dalam proses penggarapannya.

Sementara itu, urusan dapur pacu pada Zonda diserahkan pada Mercedes-AMG. Pabrikan Jerman bertugas menyediakan mesin V12 dengan output 760 Tk.

3 dari 3 halaman

Caterham - Morgan

Caterham Seven

Caterham Seven merupakan mobil sport yang dikembangkan oleh Lotus. Mobil tanpa atap ini memiliki ukuran yang kecil, ringan, serta tentunya performa yang cepat.

Kemampuan akselerasi Caterham Seven mampu menembus kecepatan 100 km/jam kurang dari tiga detik dari kondisi berhenti. Namun demikian, mesin yang bersemayam di balik kap berasal dari Ford Duratec.

Morgan Aero 8

Foto: Popularmechanics

Mobil terakhir yang comot mesin antara lain Aero 8. Morgan selaku pabrikan merancang mobil ini dengan paduan gaya klasik pada desain dan teknologi modern pada aspek teknis.

Agar performanya gahar, Morgan membekali Aero 8 dengan mesin V8. Sayangnya, mesin ini adalah hasil garapan BMW yang juga tersedia pada model Seri 7 atau X5.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.