Sukses

Garis Horizontal di Kaca Belakang Bukan Hiasan, Ini Fungsinya

Apakah Anda tahu defogger yang tertempel di kaca belakang mobil? Apa fungsinya?

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkan Anda bertanya-tanya apa sebenarnya garis tipis horizontal yang tertempel di kaca belakang mobil? Apakah sebatas pajangan atau hiasan saja? Apakah justru ada kegunaannya?

Garis horizontal itu disebut defogger. Garis ini berguna terutama pada saat hujan atau cuaca dingin, yaitu untuk mengurangi atau menghilangkan embun di kaca belakang. Dengan kata lain, alat ini adalah bagian dari fitur keselamatan.

Lantas, bagaimana cara kerjanya? Menurut laman Zigwheels, diakses Kamis (14/1/2016), garis cokelat tersebut adalah alat yang mampu menghantarkan panas. Suhu panas inilah yang dapat menghilangkan embun pada kaca.

Di negara-negara barat, defogger tidak cuma berfungsi menghilangkan embut pada kaca, tetapi juga mencairkan salju. Meski demikian, alat ini tidak akan terasa panas jika seandainya disentuh langsung dengan tangan.

Cara mengaktifkan alat ini juga cukup mudah. Sebagaimana fitur mobil lain, pengemudi tinggal menekan tombol defogger yang ada di dashboard. Seiring dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi, alat ini juga bisa dipasang di spion dan kaca depan.

Salah satu kelehaman defogger adalah mudah copot, apalagi jika kaca film dilepas. Selain itu, daya tahannya juga sedikit banyak dipengaruhi perawatan mobil sang pemilik. Misalnya, apakah mobil tersebut sering diparkir saat hujan atau tidak.

Di balik fungsinya, menggunakan defogger juga sebetulnya berisiko. Beberapa pengguna di blog pribadinya mengaku kaca belakang mobil tiba-tiba pecah setelah defogger digunakan terus-menerus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini