Sukses

Trio Modifikator Indonesia yang Menyita Perhatian Internasional

Kualitas pengerjaan yang menakjubkan menyita perhatian kalangan internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia boleh berbangga dalam ranah otomotif. Karya Modifikator lokal yang berkreasi dengan sepeda motor ataupun mobil memiliki hasil yang spektakuler. Kualitas pengerjaan yang menakjubkan ini setara dengan karya dari negara lain.

Melalui kreasi tersebut, modifikator Tanah Air sukses menyita perhatian kalangan internasional. Selain itu, media asing mengapresiasi para modifikator dengan cara mengulas serba-serbi dari karya yang telah dibuatnya.

Berikut ini tiga modifikator beserta karyanya yang berhasil menyita perhatian kalangan internasional yang berhasil dihimpun Liputan6.com:

VW Kombi

Beberapa waktu lalu, karya seorang modifikator bernama Wahyu Pamungkas yang dibahas oleh media kenamaan Inggris, Daily Mail. Modifikator asal Semarang, Jawa Tengah ini sukses menciptakan 'limousine' dari basis minibus VW Kombi dengan panjang mencapai 7,6 meter. Minibus dengan nama asli Volkswagen Type 2 ini sanggup mengakomodasi 20 penumpang.

Wahyu dibantu dengan 30 orang karyawan di bengkelnya dengan waktu lebih dari setahun untuk membangun VW Kombi terpanjang di dunia ini. Minibus tersebut merupakan dua sasis yang digabungkan.

Lebih lanjut, Wahyu juga melakukan engine swap atau menukar mesin bawaan dengan kapasitas 1,5 liter menjadi 2,0 liter sehingga mampu mengatasi bobot kendaraan yang kian berat. Selain itu, as roda belakang bertambah satu menyesuaikan dimensi kendaraan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Honda HR-V

Honda HR-V Tjin Edition

Modifikator lainnya yang mendapat apresiasi dari kalangan internasional yaitu Andre Mulyadi. Ia pemilik rumah modifikasi Signal Kustom. Kreasinya hasil bekerja sama dengan Neil Tjin, seorang modifikator ternama di AS. Mereka membangun Honda HR-V dengan tambahan sejumlah body kit. Signal Kustom tercatat sebagai satu-satunya wakil dari Asia Tenggara yang tampil di SEMA 2015, di Las Vegas.

Signal Kustom mengerjakan eksterior HR-V Tjin Edition yang meliputi bumper depan dan belakang, side skirt, diffuser belakang, wide body, daytime running lights (DRL), LED fog lamp, dan grill. Rumah modifikasi asal Bandung, Jawa Barat ini mendesain dan membuat body kit yang kemudian dikirim ke Amerika Serikat.

Selain itu, interior crossover ini juga dipercantik dengan penggunaan kulit sintetis Chronos Timeless Auto Leatherette buatan PT Agung Poly Nugraha (APN) yang merupakan perusahaan asal Indonesia. Dalam proses ini, Neil Tjin menyempurnakan tampilan mobil ini dengan velg Rotiform, knalpot MagnaFloe Exhaust, Optima Batteries, Scosche, Downstar, Thule, dan Meguiars.

Kawasaki Versys 650 Bergaya Scrambler

Model scrambler karena memiliki keunggulan sanggup melibas jalan aspal atau off road.

Roda dua juga mendapat apresiasi dari kalangan internasional. Kawasaki Versys 650 bergaya scrambler hasil karya rumah modifikasi Studio Motor diulas oleh media online mancanegara, Autoevolution.

Rumah modifikasi yang digawangi oleh Danny Ariyanto ini mengubah tampilan Versys 650 yang sebelumnya tinggi gagah berubah jadi lebih kecil tetapi makin kekar. Versys 650 dipilih karena motor berjenis adventure ini sanggup melibas jalan aspal atau offroad dengan kemampuan sama baiknya seperti tema modifikasi yang ia pilih. Keunggulan lain yang jadi pertimbangan Danny memilih Versys 650 yaitu karena sepeda motor ini dinilai nyaman dan memiliki kemampuan manuver yang mumpuni.

Studio Motor kemudian membangun secara kustom tangki serta kedua spatbor. Selain itu, bentuk jok juga didesain ulang agar sesuai dengan gaya scrambler. Tak luput, rumah modifikasi ini memasangkan panel instrumen berukuran kecil serta headlight minimalis dipasang pada sepeda motor 650 cc ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.