Sukses

3 Mobil yang Dibuat Khusus untuk Indonesia

Berikut adalah tiga mobil yang diklaim oleh produsennya dibuat khusus untuk pasar Tanah Air, baik dari segi desain ataupun pemilihan nama.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia adalah salah satu pasar industri otomotif terbesar di dunia. Dengan jumlah kelas menengah yang besar, serta total penduduk yang lebih dari 200 juta orang, apapun pabriknya pasti tergiur mencari untung di sini.

Salah satu strategi menggaet pasar `raksasa` ini adalah dengan meluncurkan produk-produk global, dalam arti spesifikasi teknik kendaraan yang dijual sama dengan yang di luar negeri. Salah satu pabrikan yang menjalankan strategi ini adalah Ford dengan model-model seperti Ranger, Focus, dan Everest.

Selain menjual produk global, strategi terbalik juga dilakukan beberapa pabrikan lain. Strategi yang dimaksud adalah menjual kendaraan yang diklaim dibangun khusus untuk pasar Indonesia. Beberapa pabrikan termasuk di dalamnya.

Bentuk penyesuaian dengan pasar Indonesia ini bisa beragam. Dari mulai pemilihan nama yang sangat `Indonesia`, hingga desain kendaraan yang diklaim mampu menjawab tantangan infrastruktur jalan di sini yang belum sepenuhnya baik.

Strategi ini bisa dibilang relatif sukses. Hal ini terlihat melalui total penjualan yang berhasil ditorehkan. Tidak jarang, model-model yang memang khusus dibuat untuk pasar Indonesia menjadi tulang punggung penjualan pabrikan.

Apa saja model-model yang dibuat khusus untuk Indonesia itu? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Next

Suzuki Ertiga

Mobil yang dibuat khusus untuk Indonesia yang kami rangkum pertama adalah Suzuki Ertiga. Mobil ini berjenis MPV, dan mulai diproduksi pada 2012. Ertiga dilengkapi dengan dua varian mesin, serta dua transmisi, otomatis dan manual.

Bukti bahwa mobil ini dibuat khusus untuk Indonesia terlihat dari pemilihan nama. Ertiga adalah kependekan dari `Mengerti Keluarga`. Nama ini sekaligus menjadi tujuan mobil ini dibuat, yaitu untuk memenuhi kebutuhan mobilitas keluarga.

Bahkan, Ertiga Dreza yang baru-baru ini diluncurkan, dikatakan Davy J. Tuilan selaku 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai produk yang khusus dibuat untuk konsumen dalam negeri.

"Ertiga Dreza aslinya didesain untuk Indonesia. Pada waktu engineer Suzuki Motors Corporation melakukan early design, hanya Indonesia yang dilibatkan," ujar Davy, saat acara peluncuran varian tertinggi Ertiga ini, awal Januari lalu.

Davy menambahkan, segala spesifikasi dan ubahan pada Suzuki Dreza ini tidak sesuai dengan karakteristik pasar di negara lain. Tetapi, ia tidak memungkiri jika model ini nantinya bisa saja dilepas di luar Indonesia, laiknya Ertiga standar.

3 dari 4 halaman

Next

Honda BR-V

Kendaraan roda empat kedua yang didesain khusus untuk pasar Indonesia adalah Honda BR-V. Produk ini diperkenalkan pertama kali di dunia pada Agustus lalu, di gelaran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS).

Jonfis Fandi Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan bahwa mobil ini dikembangkan sesuai karakter orang Indonesia.

"(Prinsipal) Honda melihat bahwa Indonesia memainkan peranan yang penting di Asia Tenggara selain Thailand dan India, di samping itu total market di Indonesia juga tinggi. Honda juga melihat kebutuhan keluarga tujuh penumpang di Indonesia itu yang paling tinggi," ujarnya pada Juni tahun lalu.

Menurut Jonfis, beberapa pertimbangan dibangunnya mobil ini, selain tingginya permintaan akan mobil tujuh penumpang, adalah kondisi jalanan serta karakter masyrakat yang butuh kabin yang lapang.

Akhir pekan ini, BR-V akan didistribusikan ke konsumen, setelah sebelumnya selesai dikirimkan ke jaringan dealer seluruh Tanah Air. Tahun ini, HPM menargetkan BR-V terjual sebanyak 39 ribu unit.

4 dari 4 halaman

Next

Daihatsu Ayla

Low Cost Green Car (LCGC) adalah salah satu segmen mobil yang penjualannya paling banyak. Salah satu model terlaris adalah Daihaysu Ayla. Mobil mungil ini, sebagaimana dua model lain, didesain khusus untuk kebutuhan Indonesia.

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan bahwa kondisi jalan di Indonesia yang relatif tidak muluslah yang membuat mobil ini didesain memiliki ground clearance yang relatif tinggi.

Untuk diketahui, Daihaysu Alya memiliki groud clearance setinggi 180 mm, hanya beda 20 mm dari Xenia selaku model andalan ADM.

"Jadi waktu pemilihan desain kita pikir mobil ini harus mampu di berbagai kondisi jalan. Kalaupun banjir normalnya 50 cm itu masih tidak masalah. Intinya mobil ini memang khusus untuk konsumen Indonesia," ujar Amelia di sela acara PestaRia Ayla yang digelar pada November tahun lalu.

Selain itu, otak di balik desain Ayla pun ternyata orang Indonesia, yaitu Mark Widjaja. Pria asal Surabaya yang menjabat sebagai senior styling designer ADM ini berhasil memenangkan kompetisi desain Ayla di Jepang beberapa tahun yang lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.