Sukses

Kakek 103 Tahun Ini Masih Lincah Nyetir Lancer

Rozzo juga jarang melakukan pelanggaran berat aturan lalu lintas selama hidupnya.

Liputan6.com, London - Laki-laki bernama Giovanni Rozzo didaulat sebagai pengemudi tertua di Inggris. Rozzo yang kini berusia 103 tahun masih mampu mengemudikan mobil setiap hari.

Sebagaimana diwartakan Dailymail, pria asal Cambridge ini sehari-hari berkendara ke makam mendiang istrinya bernama Anna Maria yang wafat tahun lalu. Rozzo pergi mengendarai Mitsubishi Lancer yang sudah dimiliki selama 23 tahun.

"Saya telah mengemudi sejak usia 20 tahun ketika berdinas di militer Italia. Usai jadi sopir mobil militer, saya pindah ke Inggris dan mengendarai van es krim selama bertahun-tahun," kata Rozzo.

Pada 1953 Rozzo mengikuti ujian SIM tak lama setelah kepindahannya ke Inggris. Rozzo menghabiskan sebagian besar waktu hidupnya di negara kepulauan itu sebagai penjual es krim keliling.

"Saya hingga kini masih bugar dan penglihatan juga masih prima. Oleh karena itu, saya masih percaya diri saat mengemudi dan saya berharap dapat terus mengemudi," lanjut pria tua tersebut.

Selama ini, Rozzo juga jarang melakukan pelanggaran berat aturan lalu lintas. Ia hanya dua kali ditilang karena melebihi batas kecepatan dan sekali ditilang karena parkir sembarangan dalam 80 tahun ia berkendara.

Di Inggris sendiri tidak ada aturan yang membatasi usia maksimum seseorang untuk mengemudi. Aturan yang berlaku hanya mewajibkan seseorang dengan usia 70 tahun ke atas untuk registrasi ulang SIM tiap tiga tahun tanpa perlu ujian.

Pengemudi berusia lanjut harus membuat surat pernyataan medis tentang kesehatan mereka dan harus memenuhi persyaratan minimum penglihatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini