Sukses

5 Kereta Kencana Pemimpin Negara Dunia

Mobil kepala negara harus terjamin kuat dan tampil mewah.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil dinas kepala negara merupakan salah satu simbol prestise yang sering diperlihatkan dalam kegiatan resmi kenegaraan. Mobil-mobil yang digunakan oleh kepala negara membawa citra hegemoni dan identitas yang menyimbolkan suatu negara tertentu.

Memilih mobil dinas untuk kepala negara juga tidak bisa sembarangan. Mobil ini harus terjamin kuat untuk melindungi orang penting di dalamnya. Selain itu, sisi desain juga harus tampil mewah karena menjadi cerminan dari kemakmuran negara tersebut.

Pabrikan membangun mobil ini dengan desain yang tidak mudah ketinggalan zaman. Selain itu, fitur dan spesifikasi yang ada mampu memberi keamanan tingkat tinggi yang tidak ada pada mobil-mobil sipil pada umumnya.

Seperti apa limosin ikonik yang jadi kendaraan para pemimpin negara tersebut? Berikut ini uraian sebagaimana dikutip dari Cheatsheet:

Cadillac One - Amerika Serikat

Limosin memiliki sejarah panjang sebagai mobil dinas presiden Amerika Serikat. Era limosin sudah dimulai sejak era kepemimpinan John F Kennedy yang menggunakan merek Lincoln.

Pada era modern saat ini, Presiden Barrack Obama juga menggunakan limosin sebagai kendaraan dinasnya. Adalah Cadillac One, mobil kenegaraan yang dibangun dari basis truk pada 2009.

Cadillac One bukan limosin biasa karena memiliki lapisan khusus pada bodi yang sanggup menahan ledakan granat atau roket. Mobil dinas Obama ini juga didukung sistem saluran oksigen internal dan dikatakan memiliki senjata api yang mampu melindungi kepala negara saat terjebak dalam zona peperangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bentley - Rolls Royce

Bentley State Limousine

Untuk merayakan 50 tahun Ratu Elizabeth II naik takhta pada 2001, Bentley bekerja sama dengan sekelompok desainer dan perajin di Inggris membangun State Limousine. Mobil ini jadi kendaraan dinas modern pertama kerajaan yang diciptakan pabrikan tersebut.

Limosin ini memiliki perawakan yang tinggi, sudut membulat, serta tampang agresif ala Inggris melalui lampu depan berbentuk lingkaran. Bentley hanya menciptakan dua mobil limosin berbasis model Arnage dan semuanya jadi armada kerajaan.

Rolls-Royce Phantom IV

Foto: Cheatsheet

Rolls-Royce mulai memperkenalkan Phantom IV pada 1950. Mobil ini memiliki fitur paling maju saat diluncurkan. Sebagai mobil eksklusif, pabrikan yang bermarkas di Goodwood, Inggris, hanya memproduksi Phantom IV sebanyak 18 unit.

Sekalipun Anda orang terkaya di dunia, belum tentu bisa membeli mobil ini. Rolls-Royce hanya membuka pemesanan Phantom IV yang ditujukan sebagai mobil dinas kepala negara.

Saat ini hanya dua unit Phantom IV yang tersisa dari 18 unit yang dibangun. Masing-masing mobil itu dimiliki oleh Kerajaan Spanyol dan Inggris.

3 dari 3 halaman

Lincoln - ZiL

Lincoln Continental

Saat ini Korea Utara memiliki kebijakan menentang segala kebijakan negara Barat. Namun siapa sangka, mobil dinas yang digunakan berasal dari Amerika Serikat.

Awal mula Korea Utara menggunakan Lincoln sebenarnya karena mendiang Presiden Kim Jong Il yang wafat pada Desember 2011 adalah penggemar budaya Amerika. Menurut para ahli, mobil ini ditengarai masuk ke Korut melalui diler Ford di Jepang pada 1970-an.

Zil 41047

Foto:Cheatsheet

Limosin yang terakhir dalam daftar berasal dari Uni Soviet yakni ZiL. USSR setia menggunakan merek buatan dalam negeri sejak dekade 1950-an untuk kendaraan kepala negara tanpa penyegaran signifikan.

Pada 1985 ZiL merilis model 41047 yang merupakan versi major change. Model ini terus diproduksi hingga 2002. Pada 2010, pemerintah Rusia memesan tiga unit ZiL versi atap terbuka yang digunakan untuk upacara resmi.

Model 41047 juga sempat digunakan oleh Fidel Castro sebagai mobil kenegaraan, meski kini sudah berubah jadi taksi di Havana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.