Sukses

Begini Akibatnya Kalau Tak Kenakan Sabuk Pengaman

Pengemudi truk terhempas jauh keluar mobil.

Liputan6.com, Brasilia - Banyak yang menyepelekan fungsi seat belt atau sabuk keselamatan. Baik pengemudi atau penumpang kerapkali tidak mengenakan seat belt saat mengendarai mobil.

Fungsi seat belt selain mencegah benturan pengemudi atau penumpang dengan bidang di depannya. Selain itu, fungsi lain seat belt adalah menjaga agar pengguna tidak terhempas keluar mobil apabila terjadi hantaman yang sangat keras.

Contoh nyata akibat tidak mengenakan seat belt saat mengemudi terdapat di Brasil ketika sebuah pikap mengalami kecelakaan luar biasa. Sebagaimana dilaporkan Autoevolution, insiden ini bermula ketika pikap berusaha mendahului kendaraan di depannya namun tiba-tiba saja hilang kendali.

Kecepatan tinggi membuat pikap ini melintir dan berguling-guling di atas aspal. Kerasnya benturan saat berguling membuat pengemudi truk terhempas jauh keluar mobil. Ia terlempar juga disebabkan gaya dorong pegas dari kursi yang diduduki.

Pengemudi ini sempat melayang di udara hingga akhirnya akhirnya jatuh menghujam tanah. Insiden ini menyebabkan pengemudi mengalami patah tulang.

Untuk penanganan medis, pengemudi pikap harus menjalani prosedur bedah. Padahal, dampak cidera bisa dimimalisir andaikata ia mengenakan sabuk keselamatan saat mengemudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.