Sukses

Tak Ada Lagi Kecelakaan Mobil di 2020

Volvo mengatakan bahwa pada 2020, tidak akan ada lagi korban jiwa atau cedera parah karena tabrakan dengan mobil buatan mereka.

Liputan6.com, Gothenburg - Volvo, pabrikan otomotif asal Swedia, membuat pernyataan yang cukup mengejutkan. Mereka mengatakan pada 2020, tidak akan ada lagi korban jiwa atau cedera parah karena menggunakan mobil buatan mereka.

"Insinyur Swedia sangat cerdas. Mereka tidak akan mengatakan hal-hal yang mereka tidak yakini," ujar CEO Volvo Cars North America, Lex Kerssemakers, dikutip dari CNN Money, Selasa (26/1/2016).

Pernyataan ini tentu tidak sembarangan mereka keluarkan. Volvo berani mengklaim ini berdasarkan teknologi yang kian canggih di masa depan. Salah satunya adalah pendeteksi pejalan kaki dan binatang.

Dengan teknologi sensor itu, mobil akan berhenti secara otomatis bila di depan terdeteksi pejalan kaki atau binatang besar. Ini mencegah tabrakan terjadi seandainya sang pengemudi sedang lengah.

Selain itu, teknologi otonomos pun berpotensi serupa. Menurut Volvo, mobil yang tidak lagi memerlukan manusia di balik kemudi ini sangat aman, dan mencegah seseorang tertabrak mobil karena kelalaian pengemudinya.

"Dengan berkembangan mobil sepenuhnya otonomos, kita akan mendorong batas dari keselamatan otomotif," ujar Erik Coelingh, insinyur keselamatan Volvo.

Volvo memang dikenal sebagai salah satu pabrikan yang maju dalam hal pengembangan teknologi. Bahkan, salah satu modelnya mendapat titel kendaraan teraman. Volvo XC90, menurut Euro NCAP, mendapat rating 100 untuk kategori teknologi pembantu keselamatan dam 97 persen kategori perlindungan penumpang dewasa.

XC90 juga merupakan satu dari sembilan mobil yang belum pernah menelan korban jiwa dalam kecelakaan pada 2009 hingga 2012. Beberapa model lain yang sama amannya adalah Honda Odyssey, Mercedes GL-Class 4WD, dan Toyota Highlander Hybrid 4WD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini