Sukses

Jeep Bakal Jadi Kendaraan AD Amerika Lagi

Kontraktor rekanan angkatan darat AS telah membangun 12 unit prototipe kendaraan militer berbasis Jeep Wrangler.

Liputan6.com, Ohio - Pemerintah Amerika Serikat dikabarkan berminat untuk kembali menjadikan Jeep sebagai kendaraan operasional angkatan darat. Keseriusan memakai Jeep ditunjukkan melalui kontraktor rekanan angkatan darat AS yakni Hendrick Dynamics yang telah membangun setidaknya 12 unit prototipe kendaraan militer berbasis Jeep Wrangler.

Sebagaimana diwartakan Detroitnews, alasan kontraktor militer yang berbasis di Charlotte, North Carolina ini memanfaatkan Wrangler karena sesuai dengan kebutuhan tentara. Kendaraan ini mampu mengangkut pasukan dan barang di medan yang sulit dilakukan oleh kendaraan berat lapis baja.

"Kami memiliki kesempatan yang sangat baik untuk memberikan kepada tentara suatu platform kendaraan yang memiliki kemampuan seperti yang dibutuhkan namun dengan biaya jauh lebih sedikit," kata Marshall Carlson, General Manager Hendrick Dynamics.

Jeep bukan merek asing bagi kalangan militer AS. Pada 1941 Willys Overland Motors yang merupakan perusahaan cikal bakal Jeep menciptakan model MB Willys sebagai kendaraan operasional tentara di Perang Dunia II. Model ini yang nantinya menjadi pelopor mobil Jeep modern.

Carlson menyebut jika salah satu poin terbaik dalam proyek ini adalah dengan memanfaatkan line up Jeep yang memiliki kapabilitas sesuai kebutuhan militer. Keuntungan yang jelas didapat adalah minim biaya pengembangan karena telah memanfaatkan model produksi serta didukung jaringan purna jual di seluruh dunia.

Menanggapi hal ini pihak Fiat Chrysler selaku perusahaan induk enggan berkomentar mengenai keterlibatan Jeep. Sementara itu, pihak AD dilaporkan sedang mempersiapkan proposal pengadaan armada operasional pada akhir tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini