Sukses

Empat Fitur Unggulan yang Dipelopori Ford di Indonesia

Fitur yang dimiliki Ford tergolong canggih dan mewah di kelasnya.

Liputan6.com, Jakarta - Ford memastikan diri tidak melanjutkan kegiatan operasionalnya di Indonesia. Penjualan yang secara prospek kurang menguntungkan dan tidak adanya manufaktur perakitan menjadikan merek berjuluk blue oval ini berhenti beroperasi terhitung paruh kedua 2016.

Membahas teknologi kendaraan, apa yang ada pada line up Ford tergolong canggih dan mewah di kelasnya. Merek asal Michigan, Amerika Serikat ini juga menjadi pelopor dalam beberapa fitur canggih.

EcoBoost

Teknologi canggih pertama dan jadi ciri khas Ford yaitu mesin EcoBoost. Konsepnya, mesin kecil tenaga besar dan irit bahan bakar. Performa yang dihasilkan menandingi mesin berkapasitas besar. Bahkan mesin ini dinobatkan sebagai "International Engine of the Year" dua tahun berturut-turut pada 2012 dan 2013.

Teknologi EcoBoost dikatakan mematahkan pemahaman selama ini yang mengatakan jika mesin bensin konvensional memiliki perbandingan setara antara isi silinder dan output yang dihasilkan. Mesin kecil tenaga sedikit dan mesin besar berlimpah tenaga. Sementara mesin EcoBoost justru bermesin kecil dengan tenaga besar namun dengan konsumsi BBM lebih rendah hingga 20%. Otomatis juga menurunkan emisi CO2.

Kunci dari teknologi EcoBoost yakni kombinasi antara direct fuel injection dengan turbocharging. Bensin disuntikkan dengan tekanan tinggi dan presisi sesuai dengan kebutuhan di tiap ruang bakar. Kontrol elektronik menyesuaikan intensitas dan waktu injektor menyemprot bensin sesuai dengan kondisi mesin.

Sementara itu, turbocharger memanfaatkan gas buang dari mesin untuk memberi asupan udara tambahan yang sangat padat ke mesin sehingga menghasilkan torsi tinggi sejak putaran rendah dan terus mengisi hingga putaran atas. Adanya aliran udara tambahan membantu turbin berputar lebih cepat dan minim gejala turbo lag. Saat mesin kecil bertenaga besar dan irit BBM sedang jadi tren. Mesin EcoBoost ada di tubuh Fiesta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Active Park Assist

Tidak semua orang mampu parkir paralel dengan baik, fitur Active Park Assist yang dimiliki Ford membantu pengemudi memarkirkan mobil secara otomatis sesuai dengan ukuran mobil. Sensor ultrasonik yang ada di bemper depan dan belakang berfungsi mengukur ruang di sisi jalan yang benar-benar memungkinkan untuk parkir paralel.

Sensor ini akan memindai ruang kosong dengan radius 1,5 meter dari mobil ketika berjalan dengan kecepatan 30 km/jam. Sensor akan menginformasikan kepada pengemudi saat menemukan ruang yang ideal.

Didukung dengan Electric Power-Assisted Steering, sensor secara otomatis mengendalikan mobil baik maju atau mundur dengan kecepatan 10 km/jam ke titik aman. Pengemudi memungkinkan menyesuaikan haluan dengan cara memegang setir secara manual. Ford Focus yang dipasarkan di Indonesia sudah punya fitur ini.

Active City Stop

Fitur canggih lainnya yang jadi inovasi Ford yaitu Active City Stop. Fitur ini akan mengerem secara otomatis menghindari tabrakan dengan mobil didepannya.

Sensor LIDAR atau Light Detection and Ranging di bagian atas kaca depan memindai kondisi lalu lintas dan posisi kendaraan yang bergerak melambat dengan kecepatan hingga 30 km/jam. Jika pengemudi tidak melakukan kegiatan apapun maka rem bakal bekerja.

Sistem Active City Stop secara otomatis akan dinonaktifkan apabila pengemudi menginjak gas lebih dalam atau banting setir untuk menghindari tabrakan. Model yang pakai fitur ini adalah Focus.

Voice Command

Fitur lain yang jadi ikon Ford adalah voice command. Menggunakan SYNC, pengemudi bisa memberikan perintah untuk sistem komunikasi maupun entertainment. Tinggal sebut saja, pengemudi bisa terkoneksi dengan jalur telepon. Jadi tidak perlu banyak tekan tombol untuk melakukan komunikasi alias hands free.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.