Sukses

Dealer ini Lebih Tua dari Toyota Astra Motor

Ternyata dealer Toyota pertama di Jawa bukan di Jakarta, tapi di Semarang, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Semarang - Ternyata  dealer Toyota pertama di Jawa bukan di Jakarta, tapi di Semarang, Jawa Tengah. Ketika Toyota Astra Motor hadir sebagai distributor pada 1971, ada perusahaan lain yang sudah lebih dahulu menghadirkan produk Toyota.

Kini perusahaan ini menjadi main dealer untuk wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Adalah Ratna Dewi Motor (New Ratna Motor) yang berdiri sejak April 1961 menjadi pengimpor Toyota untuk pertama kali ke Pulau Jawa.

"Kami sudah ada di Semarang sejak 55 tahun lalu," ujar Hari Setyawan, Marcom and Customer Relation Dept. Head Nasmoco Nasmoco (distributor dari New Ratna Motor), Kamis (28/1/2016).

Perusahaan ini pertama kali merupakan toko kelontong dan akhirnya memenuhi kebutuhan pemerintah kota Semarang. "Saat itu kami mendatangkan 7 unit Toyota Tiara," tambah Hari.

Sejak itulah mereka terus mendatangkan Toyota ke Indonesia khususnya Jawa Tengah.  Di usia ke-55 tahun, Nasmoco sudah memiliki 19 dealer. "Maret nanti akan ada satu lagi di Pati," ungkap Hari.

Pada peringatan ulang tahun itu, Nasmoco mengadakan undian kepada konsumen mereka pada periode Januari hingga Maret. Ada 55 unit Toyota untuk pemenang undian. 54 Etios dan satu unit All New Fortuner.

"Syaratnya mobil sudah dikirim ke rumah baru dapat kesempatan memenangkan undian. Tiap bulan ada 18 unit mobil yang diundi. Sementara Fortuner VRZ baru diundi di akhir kampanye," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.