Sukses

Toyota: All New Fortuner Cukup dengan 6 Gigi

Toyota mengandalkan transmisi otomatis enam tingkat percepatan pada all new Fortuner.

Liputan6.com, Yogyakarta - Toyota memilih transmisi otomatis 6 tingkat percepatan untuk all new Fortuner. Pilihan ini dianggap mumpuni dalam menyalurkan tenaga ke roda.

Sistem transmisi bertujuan untuk meneruskan putaran mesin ke roda. Pemilihannya berdasarkan perhitungan khusus menyesuaikan karakter yang diinginkan.

Meski menggendong mesin yang sama dengan all new Innova, Toyota menerapkan rasio transmisi yang berbeda pada all new Fortuner.

"Pemilihannya berdasarkan banyak pertimbangan. Bisa karena torque band, bobot, bahkan hambatan angin (desain)," ujar Dadi Hendriadi GM Technical Service PT Toyota-Astra Motor kepada Liputan6.com di Yogyakarta, yang ditulis Selasa (2/2/2015).

Saat mendesain all new Fortuner, Dadi menjelaskan, ada beberapa pilihan yang tersedia. Pada akhirnya ditetapkan satu seperti transmisi otomatis 6 percepatan yang sekarang dipakai. "Cukup pakai transmisi 6 percepatan," jelas Dadi.

Menurut Dadi, transmisi ini dapat mewakili karakter pengguna all new Fortuner. Akselerasi dan keiritan BBM-nya bisa didapat. "Sekarang kan eranya drive with torque, not power. Akselerasi dapat, irit juga kena."

Pada empat rasio gigi pertama, menurut Dadi membuat akselerasi all new Fortuner bisa cepat. "Sementara 2 sisanya adalah overdrive, untuk menjaga rpm relatif rendah agar irit BBM."

Memang, Dadi tak bisa memungkiri  transmisi dengan lebih banyak rasio gigi membuat berkendara lebih nyaman ataupun mengejar hi-speed. "Semua tergantung karakter berkendara yang diinginkan. Tapi all new Fortuner cukup 6," tuntas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.