Sukses

Inikah Wujud Motor Sport Garapan TVS-BMW?

Akula dibangun dengan material yang ringan termasuk fairing dari bahan serat karbon.

Liputan6.com, New Delhi - TVS akhirnya membuka selubung konsep motor sport hasil pengembangannya dengan BMW pada ajang Delhi Auto Show 2016. Sepeda motor yang dinamai Akula 310 ini berwujud sport full fairing.

Nama Akula sendiri diambil dari bahasa Rusia yang berarti Hiu. Ini dimaksudkan karena bahasa desain Akula yang agresif dipadu kelir alami serat karbon pada fairing menjadikannya seperti predator.

Sebagaimana dilansir Visordown, Akula dibangun oleh TVS di divisi balapnya dengan kode platform U69. Platform serupa telah digunakan BMW ketika membangun G310R.

Memiliki wujud yang berbeda dari BMW G310R, TVS lantas menggarap ulang sasis Akula. Ubahan lainnya terdapat pada silencer dengan desain baru yang memperkuat gaya balap.

Akula dibangun dengan material yang ringan termasuk fairing dari bahan serat karbon. Kesamaan dengan naked bike Jerman itu terdapat pada suspensi, rem, serta saluran pembuangan berikut dapur pacu.

Hiu darat ini didukung mesin satu silinder berkapasitas 313 cc serupa G310R. Pada naked bike buatan BMW, mesin itu sanggup memproduksi daya 34 Tk dengan torsi 20,6 pound. Adapun versi TVS bakal memiliki output lebih tinggi, lebih dari 40 Tk agar kompetitif dengan Yamaha R3 atau KTM RC390.

Menurut laporan, TVS baru memproduksi sport fairing ini pada akhir tahun. Ini turut mengindikasikan jika BMW bakal menciptakan versi full fairing dari G310R.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini