Sukses

Berapa Lama Waktu Ideal Memanaskan Mobil?

Waktu ideal untuk memanaskan mobil tergantung intensitas pemakaian.

Liputan6.com, Depok - Setiap mesin kendaraan bermotor dilengkapi dengan pelumas, yang berguna sebagai pelapis saat komponen-komponen mesin bergesekan. Agar sebaran pelumas merata, mesin harus dipanaskan terlebih dulu sebelum digunakan.

Lantas, berapa lama waktu ideal untuk memanaskan mobil? Ardiansyah, Service Manager PT Setiajaya Mobilindo, dealer resmi Toyota di Depok, Jawa Barat, mengatakan bahwa idealnya pemanasan mobil tergantung skala pemakaian.

Baca Juga

    "Panaskan mobil itu tergantung pemakaiannya. Kalau jarang dipakai, pemanasannya harus lama. Sampai suhu mesin panas atau jarum indikator di panel dashboard menunjukkan bahwa mesin sudah panas," ujarnya kepada Liputan6.com.

    Sementara itu, jika kendaraan dipakai untuk kebutuhan sehari-hari, maka pemanasan mobil dapat dilakukan dengan cepat. "Kalau mobilnya  tiap hari dipakai, satu menit saja sudah cukup," tambahnya.

    Menurutnya, memanaskan kendaraan tersebut sangat berkaitan dengan awet atau tidaknya kendaraan. Dengan memanaskan mobil, maka mesin terhindar dari beban yang tiba-tiba. Dan pada akhirnya mobil bisa lebih cepat awet.

    "Sementara jika langsung dipakai, olinya belum naik, belum tersebar merata ke seluruh komponen mesin. Jadinya mesinnya kena beban lebih berat. Lebih cepat rusak nanti," tutupnya.

    * Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini