Sukses

[Polling Otomotif] Pilih Mesin Bensin atau Diesel?

Sektor otomotif Tanah Air saat ini masih mengandalkan bahan bakar fosil jenis bensin dan solar.

Liputan6.com, Jakarta - Sektor otomotif Tanah Air saat ini masih mengandalkan bahan bakar fosil jenis bensin dan solar. Kedua bahan bahan bakar minyak (BBM) ini bekerja pada mesin yang berbeda, yakni mesin bensin dan Diesel.

Dalam proses pembakaran, mesin bensin membutuhkan nyala api busi. Sementara mesin Diesel, tidak menggunakan busi melainkan mengandalkan suhu tinggi gas yang dikompresi atau menggunakan kompresi pada silinder mesin itu sendiri.

Kedua mesin ini memiliki karakteristik yang berbeda. Mesin bensin dikenal lebih halus dan ramah lingkungan. Sedangkan mesin Diesel identik dengan kepulan asap hitam yang keluar dari lubang knalpot, suara mesin kasar serta getaran yang kuat terasa hingga kabin.

Dari segi performa, mesin bensin memiliki tenaga kuda yang lebih besar. Tetapi, torsi mesin Diesel jauh lebih dari mesin bensin. Oleh karena itu, mesin Diesel jauh lebih tangguh saat menempuh medan berat.

Soal ketahanan, mesin diesel dikenal bandel. Jika dirawat dengan benar mesin Diesel bisa bekerja lebih lama daripada mesin bensin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.