Sukses

Kopi dan Daun Pandan Ampuh Hilangkan Bau Apek di Kabin Mobil

Bau apek di kabin mobil terkadang muncul saat musim penghujan tiba. Solusinya, bisa memanfaatkan biji kopi atau daun pandan.

Liputan6.com, Jakarta - Bau apek di kabin mobil terkadang muncul saat musim penghujan tiba. Sumber aroma tak sedap ini tentu saja berasal dari karpet atau jok yang basah.

"Serbuk kopi hanya menetralisir bau di karpet sama jok. Pandan juga bisa, tapi orang lebih familiar dengan kopi baik yang berbentuk biji atau serbuk," tutur Danang Jaya Prana, Operational Manager Auto Bridal Prioritas 30 kepada Liputan6.com.

Tapi, Danang menyebut kopi atau pandan hanya bersifat menetralisir. Bila tak kunjung hilang disarankan melakukan perawatan khusus.

"Untuk kopi atau pandan itu cuma sementara dan untuk menghilangkan bau, di sini kami pakai aroma therapy. Lalu, jika mau mengeringkan karpet yang sudah terlalu lembab harus perawatan khusus dan itu dibongkar," katanya.

Haram merokok di dalam mobil

Agar kabin tetap segar, Danang menyarankan agar tidak merokok selama di dalam mobil. Aroma rokok tidak mudah hilang dan bahkan bisa menimbulkan masalah lain.

"Jangan merokok di dalam mobil, kalau kaca dibuka juga enggak banyak pengaruh (mengurangi bau) Di plafon juga bisa timbul bercak kuning itu karena asap rokok yang terkena hembusan AC," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini