Sukses

Direpresi Polisi, 12 Ribu Sopir Uber Akan Mogok

Aksi mogok ini merupakan respons atas tindakan represif yang dilakukan pemerintah Kota Paris.

Liputan6.com, Paris - Uber, layanan transportasi berbasis aplikasi divisi Perancis siap mogok hari ini (10/2/2016). Pemogokan dilakukan sebagai bentuk protes terhadap polisi yang dianggap reprresif.

Dilaporkan Bloomberg, aksi mogok ini merupakan respons atas tindakan represif yang dilakukan pemerintah Kota Paris. Dikatakan, aksi ini akan terkonsentrasi di Place de la Nation, Paris.

Sebagaimana diketahui, aksi ini merupakan babak baru akibat konflik antara industri taksi konvensional dan layanan berbasis aplikasi.

Mirip seperti di Indonesia, pemerintah Perancis  cukup kesulitan membuat regulasi terkait dengan fenomena transportasi baru ini. Mereka dituntut untuk tetap mendukung bisnis berbasis aplikasi tanpa mengganggu sopir konvensional.

Sebelumnya, Perdana Menteri Manuel Valls berjanji akan melakukan langkah yang menguntungkan bagi sopir konvensional. Mereka membuat unit polisi khusus bernama 'Boer' untuk mengontrol sopir Uber. Hal inilah yang kemudian memicu protes para sopir Uber.

Sebelumnya, sopir Uber sebetulnya telah melakukan protes dengan cara memblokir jalan dan membakar ban.

Untuk diketahui, saat ini Uber Perancis telah memiliki lebih dari 12 ribu dengan pengguna mencapai angka 1,4 juta. Bola panas konflik saat ini ada di tangan pemerintah, apakah mereka mampu meredakannya atau tidak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini