Sukses

Unggah Video Ditilang Polisi, Perempuan Ini Diancam Dibunuh

Seorang perempuan mendapat ancaman bertubi-tubi setelah video yang berisi peristiwa tilang diunggah ke Youtube.

Liputan6.com, Miami - Seorang perempuan mendapat ancaman bertubi-tubi setelah video yang berisi peristiwa tilang diunggah ke Youtube. Ancaman tersebut termasuk pembunuhan.

Perempuan tersebut bernama Claudia Castillo. Ia merilis rekaman videonya Minggu lalu. Di sana, ia ditilang karena dianggap menyalahi aturan batas kecepatan. Demikian laporan Mirror, dikutip Rabu (10/2/2016).

Usut punya usut, ia dapat diteror karena kepala polisi Miami, Amerika Serikat (AS) bernama  Letnan Javier Ortiz mengunggah info tentang dirinya ke Facebook, termasuk nomor telepon. Di sana, sang kepala polisi menghasut teman-temannya untuk turut mem-bully Castillo.

Castillo masih  berkilah jika ia benar-benar tidak mengemudi terlalu cepat. Castillo bahkan pengatakan jika sebelum ditilang, ia sedang mengikuti mobil polisi yang melaju hingga 128 km/jam. Itu artinya, polisi yang menilangnya pun melakukan pelanggaran lalu lintas.

Sejak itulah Castillo menerima berbagai ancaman tidak mengenakkan itu. Selain ancaman seperti pembunuhan, ada pula yang memberikan petuah agar ia tidak melanggar lalu lintas lagi.

Perilaku polisi itu sendiri sebetulnya merupakan pelanggaran. Tindakan yang disebut 'Doxing' ini memang ditujukan untuk mengancam, mengintimidasi, mempemalukan, dan menggeretak seseorang atau sekelompok orang.

Ortiz sendiri mengaku apa yang dilakukannya merupakan hak kebebasan berbicara yang diatur dalam konstitusi. Meski demikian, unggahan itu telah dilaporkan dan sudah dihapus pihak Facebook.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini