Sukses

Murah Mana, Tanda Jadi Innova di Indonesia atau India?

Berapa tanda jadi pembelian all new Kijang Innova di India? Lebih murah atau lebih mahal dibanding di sini?

Liputan6.com, Delhi - Toyota Kijang Innova tidak hanya dijual di Indonesia. MPV ini juga mengaspal di India dengan nama Innova Crysta, model terbarunya baru saja diperkenalkan di Auto Expo 2016 lalu.

Lazimnya, pembelian mobil dilakukan dengan pemberian tanda jadi oleh konsumen ke pihak dealer. Lantas, berapakah pemberian tanda jadiInnova Crysta, apakah lebih mahal ataukah lebih murah dibanding di Indonesia?

Menurut laman Indianautosblog, tanda jadi mobil ini dipatok 50 ribu rupee atau Rp 9,9 juta. Ini tidak berbeda jauh dengan Indonesia. Salah satu dealer Toyota di bilangan Jakarta mematok tanda jadi sebesar Rp 10 juta.

Meski demikian, sebetulnya kebijakan ini tergantung pihak dealer. Terbukti, di Surabaya tanda jadi all new Kijang Innova hanya Rp 5 juta. Hal ini dikonfirmasi oleh Arief Ardiansyah, Sales Executive Auto2000 A Yani, Surabaya, saat berbincang dengan Liputan6.com, November lalu.

Di India, pemesanan memang sudah dibuka setelah mobil ini diperkenalkan ke publik. Pemesanan dibuka karena banyak konsumen yang tertarik memboyong mobil keluarga ini.

Dikatakan, dengan pembayaran tanda jadi itu, konsumen India sudah dapat menerima unit pada April hingga Mei nanti. Konsumen yang memesan diklaim cukup banyak, meski diketahui harga mobil ini naik cukup signifikan dibanding pendahulunya.

Untuk diketahui, Innova Crysta hadir dalam tiga varian, yakni G, V, dan Q. Sama dengan Indonesia, dua varian mesin akan ditawarkan. Pertama, mesin bensin Dual VVT-i 2,0 liter bertenaga 138,9 Tk dan torsi 183 Nm, serta Diesel GD 2,4 liter yang output-nya mencapai 149 Tk dan torsi 369 Nm.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.